Mengapa Ada Bau Tak Sedap Di Kabin Mobil

Pernahkah Anda mencium bau tak sedap di kabin mobil Anda? Padahal Anda sudah menggunakan pengharum di mobil Anda? Lantas apa yang menyebabkan bau itu masih ada dan bagaimana bau itu bisa muncul di kabin mobil Anda? Simaklah pembahasan kali ini, karena Kami akan membahas mengapa ada bau tak sedap di kabin mobil Anda dan bagaimana seharusnya yang Anda lakukan untuk menghilangkan dan mencegah hal tersebut.

Bau pada kabin mobil tidak serta merta menjadikan satu alasan bau itu muncul di kabin, karena sebenarnya banyak penyebab yang bisa menghadirkan bau tersebut. Adapun beberapa bau yang bisa Anda kenali antara lain adalah

  • Bau Gosong. Timbulnya bau roti gosong kemungkinan besar ada korsleting di komponen listrik atau insulasi dalam mobil mengalami overheat. Bau ini harus segera ditangani karena korsleting bisa mengakibatkan kebakaran pada mobil.
  • Kebocoran Bahan Bakar. Mencium bau bahan bakar ketika Anda baru mulai menyalakan mesin termasuk wajar. Tapi Anda harus waspada bila Anda mencium bau ini saat mesin sudah panas karena bisa saja tutup tangki kendor, sistem pengendali evaporasi emisi gas buang tersumbat atau bocor, atau juga karena kebocoran bahan bakar.
  • Bau Apek. AC memiliki evaporator yaitu bagian yang mengubah udara luar menjadi dingin saat masuk ke kabin. Terciumnya bau apek saat menyalakan AC berarti evaporator terinfeksi jamur. Bau apek juga bisa ditimbulkan oleh kebocoran air yang merembes ke karpet mobil.
  • Bau Manis. Jangan senang dulu saat mencium bau manis di mobil seperti sirup, terutama bila Anda tidak membawa barang yang berbau manis. Antifreeze memiliki bau manis dan bau inilah yang tercium saat terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Menghirup antifreeze bisa menimbulkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan, jadi saat bau manis seperti sirup muncul, segera  cek sistem pendingin mobil Anda.
  • Bau Terbakar. Bau terbakar dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, seperti kebocoran oli yang masuk ke sistem pembuangan, v-belt terbakar, brake pads atau rotor mengalami overheat, atau rem tangan diaktifkan saat mobil berjalan.
  • Bau Seperti Busuk. Bau telur busuk atau sulfur di dalam kabin menandakan catalytic converter yang tidak menyaring hidrogen sulfida di knalpot dengan baik, sehingga konverter mengalami overheat.

 

Penyebab-penyebab diatas tentunya bila tidak dilakukan penanganan dengan segera akan mengurangi kenyamanan orang-orang yang ada di dalam kabin mobil tersebut. Selain itu bila semakin lama dibiarkan justru bukan tidak mungkin menambah biaya perbaikan yang lebih mahal. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau pada kabin mobil Anda, antara lain :

Cara paling mudah adalah dengan memberikan penghilang bau seperti wewangian atau parfum mobil. Namun cara tersebut tidaklah efektif karena :

  • parfum hanya menyamarkan bau
  • jamur, kuman, bakteri, kotoran, ataupun masalah pada komponen mobil masih tetap ada
  • efek penyakit tetap ada dan tidak dapat dihilangkan hanya dengan penggunaan parfum.

 

Oleh karena itu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah  membersihkan dalaman mobil Anda, Anda dapat melakukannya sendiri, atau meminta jasa pencucian mobil. Jika setelah mobil dibersihkan namun bau masih tetap ada, Anda dapat menggunakan penyamar dan penyerap bau alami seperti :

  • Cuka, ampuh untuk menghilangkan bau rokok, caranya adalah dengan menuangkan cuka ke dalam baskom dan biarkan di dalam mobil selama semalam.
  • Baking soda, ampuh untuk menghilangkan bau busuk dari sisa makanan dan minuman caranya adalah dengan menaburkan baking soda pada daerah-daerah yang masih menyisakan bau. Setelah beberapa jam, hisap baking soda dengan vacuum cleaner.
  • Udara di pagi hari, ampuh untuk membuang udara buruk di dalam mobil caranya adalah dengan membuka lebar-lebar kaca mobil di pagi hari. Sirkulasi udara dan cahaya sinar matahari pagi dapat membantu menghilangkan bau pada mobil.

 

Jika masih juga gagal, bawalah mobil anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki jika semua cara di atas masih menyisakan bau, berarti ada masalah pada komponen mobil anda. Bengkel akan mengatasi masalah anda dengan berbagai cara seperti, memflushing dan mencuci AC mobil anda, memeriksa ada tidaknya kebocoran pada sistem knalpot dan akan mengelasnya, atau mengecek ada tidaknya kebocoran pada mesin mobil dan memperbaikinya.

Itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau pada kabin mobil Anda. Kenali lebih cepat yang terjadi dengan mobil Anda, jangan sampai terlambat menangani yang akhirnya membuat Anda dan penggunan mobil di dalam kabin menjadi terganggu kenyamanannya karena bau yang kurang sedap.



WordPress Video Lightbox Plugin