Serba Serbi Cuci Kolong Mobil

Musim hujan terkadang membuat para pemilik mobil harus geleng-geleng kepala, bukan karena harus sekedar bermacet-macetan tapi karena mobil akan cepat kotor. Mencuci mobil memang menjadi perhatian lebih saat musim hujan telah tiba. Mobil yang kotor bukan hanya tidak nyaman dilihat tapi juga bisa berefek negatif bagi kondisi mobil. Terutama bagian kolong mobil Anda, sekilas memang Anda tidak akan mengetahui kotoran yang menempel tapi Anda juga harus waspada. Kolong mobil yang jarang dibersihkan akan menjadi karat pada bagian-bagian mobil Anda.

Saat ini memang sudah ada jasa cuci mobil mulai dari bagian luar, kolong bahkan sampai bagian dalam mobil. Tapi ternyata ada hal yang harus diperhatikan saat Anda mencuci bagian kolong mobil Anda. Adapun yang perlu Anda perhatikan antara lain :

    1. Bumper bagian dalam


Bagian ini harus rutin dibersihkan karena tidak menutup kemungkinan sampah, pasir, dan kotoran lainnya bersarang di bagian tersebut sehingga memicu terjadinya korosi. Bila kotoran sulit diangkat dengan tangan, semprotkan air yang telah dicampur shampo mobil ke sela-sela area tersebut. Gunakan sikat halus agar dapat bersih maksimal. Untuk menghindari terjadinya korsleting, lindungi sistem kelistrikan dengan plastik atau bahan tahan air.

    1. Sepatbor


Bagian kendaraan yang letaknya berdekatan dengan ban ini rentan terhadap kotoran, terlebih setelah mobil melibas genangan air. Bersihkan kotoran atau sampah yang bersembunyi dengan cara serupa dengan membersihkan bumper. Agar tidak tergores atau rusak, hindari menggunakan sikat kawat. Gunakan spons yang telah dibasahi air sampo.

    1. Link stabilizer


Komponen yang biasanya terpasang pada kendaraan jenis SUV ini harus tetap dijaga kebersihannya agar tidak mudah berkarat. Bila rusak, alat yang berhubungan langsung dengan lengan ayun ini akan menimbulkan bunyi yang mengganggu kenyamanan.

    1. Lengan ayun dan as roda


Kedua komponen ini juga harus tetap dirawat agar sistem suspensi bekerja maksimal. Posisinya yang melintang sering dijadikan tempat bersarangnya kotoran.

    1. Steering rack, shock absorber, dan karet boot as roda harus sering dipantau dan dibersihkan. Gunakan sikat halus dan spons untuk membersihkan bagian-bagian tersebut agar cat dan lapisan antikarat tidak terkelupas.
    2. Bagian dalam velg


Meski tidak terlihat dari luar, area ini harus tetap dibersihkan. Timah yang digunakan untuk menyeimbangkan berat ban biasanya direkatkan pada area tersebut. Sambil membersihkan velg, pastikan pemberat ini masih merekat erat.

 

Meski kedengarannya sulit, namun membersihkan kolong mobil sebenarnya pekerjaan yang mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kolong mobil dengan menggunakan steam. Mengapa harus steam? Karena dengan menggunakan steam Anda bisa mendapatkan semprotan air yang cukup kencang. Dengan begini kotoran yang menempel di bagian kolong mobil pun bisa dengan mudah dirontokkan.

Setelah semua kotoran sudah disemprot hingga bersih maka langkah berikutnya adalah membersihkan bagian tersebut dengan sampo mobil. Jika dengan sampo mobil masih terasa kurang bersih maka bisa menggunakan alternatif lain yang lebih keras, yakni sabun colek. Anda tak perlu khawatir karena sabun colek aman dan tidak akan merusak lapisan anti karat di bagian kolong mobil Anda.

Setelah sabun colek dioleskan, Anda tetap perlu sebuah media untuk membersihkan bagian kolong mobil ini. Agar lapisan anti karat pada mobil Anda tetap aman maka pilihlah media yang aman untuk digunakan. Spons dengan bahan yang sedikit kasar menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan bagian ini. Gosok secara perlahan bagian kolong mobil ini hingga bersih dan tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Jika kotoran yang menempel masih membandel Anda bisa menggunakan cara lain. Kotoran seperti tanah, pasir dan aspal sangat sulit untuk dibersihkan begitu saja dengan menggunakan air dan sabun. Alternatifnya adalah dengan menggunakan cairan HF. Cairan HF memang memiliki sifat yang cukup keras. Namun dengan penggunaan yang tepat cairan ini bisa membersihkan kotoran dengan optimal.

Anda juga tidak perlu takut kalau cairan HF yang dipakai akan merusak lapisan anti karat ini. Meski keras, cairan HF terbilang masih cukup aman untuk digunakan. Selain itu, Anda tetap harus menggunakannya dalam takaran yang pas. Karena jika terlalu banyak digunakan, cairan ini bisa merusak kulit tangan Anda. Penggunaannya sama dengan menggunakan all purpose cleaner yang dicampur dengan air. Perbandingan air dan cairan HF harus lebih banyak air. Hal ini dikarenakan jika perbandingan air lebih sedikit dari cairan HF maka akan berpotensi untuk merusak kulit tangan dan juga lapisan anti karat mobil.

Namun bagi Anda yang sering mencuci kolong mobil Anda, ada baiknya Anda menambahkan pelapis anti karat pada bagian kolong mobil Anda. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko karat pada bagian kolong mobil Anda.

Itulah serba serbi mencuci kolong mobil yang bisa Anda ketahui, karena kebersihan mobil menjadi faktor pendukung kenyamanan Anda juga dalam berkendara. Untuk itu pastikan seluruh bagian mobil bersih sehingga Anda pun nyaman nantinya.



WordPress Video Lightbox Plugin