cairan wiper

Amankah Cairan Wiper Dicampur Sampo Atau Sabun

Amankah Cairan Wiper Dicampur Sampo Atau Sabun?

Memasuki musim hujan, saatnya komponen wiper rutin digunakan. Terutama cairan wiper yang berfungsi membersihkan kaca dari kotoran yang hinggap. Banyak beredar informasi jika cairan wiper bisa digantikan dengan sampo dan sabun apapun. Apakah itu benar?

Pada dasarnya sampo untuk rambut manusia dan sabun bukan peruntukannya bagi kaca mobil. Perlu diingat bahwa kaca adalah bagian safety dari mobil, dan menggunakan sampo atau sabun sebagai pengganti cairan wiper berpotensi merusak kaca jika rutin dilakukan.

Yang dikhawatirkan jika cairan wiper dicampur dengan sampo dan sabun, dapat meninggalkan residu yang berpotensi menyumbat slang cairan wiper. Jika hal ini terjadi tentu menyebabkan semprotan cairan ke kaca menjadi melemah atau malah tersumbat.

Begitu juga dengan motor cairan wiper yang bisa menjadi rusak karena saat menggunakan sampo atau sabun, tingkat kekentalan cairan yang tinggi membuat kerja motor menjadi lebih berat.

Baca Juga : Rawat Wiper Mobil Agar Tidak Bikin Baret Kaca

Tidak hanya itu bahan kimia yang dimiliki oleh sampo dan sabun juga bisa merusak permukaan kaca. Hal ini disebabkan zat kimia yang terkandung pada sabun atau sampo mengikis kaca dalam jangka waktu lama jika hal ini dilakukan secara terus menerus. Indikasinya adalah terlihat baret pada kaca yang dapat mengganggu visibilitas.

Selain itu, kaca juga bisa timbul jamur kaca karena adanya bercak bekas sampo di bagian kaca yang tidak terkena sapuan wiper. Jika sudah begitu, pemilik mobil perlu mengeluarkan biaya untuk membersihkan jamur kaca.

Jadi sebaiknya sampo atau sabun tidak digunakan secara rutin sebagai campuran cairan wiper. Lebih baik menggunakan air biasa atau cairan wiper khusus untuk membersihkan kaca mobil dari beragam kotoran.



WordPress Video Lightbox Plugin