wiper mobil

Rawat Wiper Mobil Agar Tidak Bikin Baret Kaca

Rawat Wiper Mobil Agar Tidak Bikin Baret Kaca

Di musim hujan, wiper menjadi komponen penting saat berkendara. Wiper sangat dibutuhkan untuk membersihkan kaca dari air dan kotoran saat hujan turun. Sehingga daya pandang pengemudi tidak terganggu.

Masalah bisa muncul ketika wiper yang bergesekan langsung dengan kaca, berpotensi merusak kaca jika tidak rawat. Seperti menimbulkan baret di permukaan kaca yang justru mereduksi daya pandang pengemudi. Nah, hal apa saja yang berpotensi merusak kaca, simak penjelasannya.

Kualitas karet wiper

Menggunakan karet wiper berkualitas sangatlah penting. Karena karet wiper merupakan komponen yang bergesekan langsung dengan kaca, dan jika menggunakan karet wiper yang memiliki bahan yang tidak bagus berpotensi membuat kaca baret. Pilih karet wiper yang memiliki bahan elastis agar mampu menyeka air di kaca secara maksimal tanpa menggores permukaan kaca.

Karet wiper kotor

Tanpa disadari, karet wiper dapat menahan kotoran seperti pasir, batang pohon atau daun. Jika tidak dibersihkan, kotoran itu berpotensi merusak kaca ketika wiper dinyalakan.

Bersihkan karet wiper secara berkala untuk membersihkan kotoran dan jangan biarkan kotoran menumpuk. Sebaiknya dilakukan setiap hari sebelum melakukan perjalanan. Cukup gunakan air bersih dan lap lembut untuk membersihkannya.

Baca Juga : Kerusakan Kaca Depan Mobil

Tidak menggunakan wiper fluid

Selain berfungsi untuk mempermudah menghilangkan kotoran di kaca, wiper fluid juga berfungsi untuk meminimalkan gesekan. Cairan ini sudah mengandung sedikit bahan pelicin sehingga kinerja wiper bisa lebih ringan. Sedangkan baret pada kaca bisa muncul ketika wiper diaktifkan dalam kondisi kaca kering dan tidak menggunakan wiper fluid.

Karet wiper rusak

Ciri-ciri karet wiper yang perlu diganti adalah tidak bersih ketika menyeka air di kaca. Hal itu karena karet wiper yang sudah pecah-pecah, robek dan terasa cukup keras. Tapi ingat, pastikan memilih produk karet wiper dengan kualitas terbaik dan merawat rutin, agar usia pakainya panjang, membersihkan secara maksimal dan tidak membuat baret kaca.



WordPress Video Lightbox Plugin