Tanda – Tanda freon AC Mobil Habis

Ini Tanda Freon AC Mobil Habis

Salah satu fitur kenyamanan pada sebuah mobil adalah penyejuk udara atau air conditioner (AC). Seperti komponen mobil lainnya, AC mobil juga perlu diperiksa dan dirawat untuk menghindari terjadi kerusakan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah embusan AC tidak dingin lagi akibat freon AC mobil habis.

Freon AC mobil merupakan senyawa kimia atau gas yang biasa digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendinginan ruangan. Karena tidak memiliki warna dan juga tidak berbau, gas ini digunakan sebagai pendingin dalam sistem AC mobil.

Pada saat freon berkurang atau habis, maka kinerja dari AC mobil tidak optimal lagi. Penyebab habisnya freon umumnya karena kebocoran pada salah satu komponen AC. Maka dari itu, sangat penting mengetahui ciri atau tanda-tanda freon AC mobil sudah habis.

Udara tidak segar dan dingin

Salah satu tanda freon AC mobil habis yang dapat dirasakan adalah ketika udara yang dihasilkan dari sistem pendingin, sudah tidak dingin dan segar lagi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, freon merupakan cairan pendingin di dalam AC yang bersirkulasi dalam sistem AC melalui pipa-pipa. Ketika diembuskan angin dari kipas, maka angin yang dihasilkan pun terasa dingin dan segar. Nah, bila freon sudah habis, tentunya udara yang diembuskan tidak dingin dan segar lagi dan hanya terasa seperti angin biasa.

Baca juga : Apa Fungsi Water Jacket Pada Sistem Pendingin Mesin ?

Komporesor AC tidak bekerja

Pada saat saklar AC dihidupkan, biasanya kompresor AC akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika kompresor mati dan tidak bergerak, maka bisa jadi ini adalah tanda-tanda freon AC mobil sudah habis.

Kipas AC tidak berputar

Tanda lainnya yang dapat terlihat jika kondisi freon AC mobil sudah mulai habis adalah kipas AC tidak berputar meskipun AC dalam keadaan menyala (ON).

Putaran mesin (rpm) tidak mengalami perubahan naik/turun saat AC dinyalakan. Lalu entakan kompresor tidak bekerja karena magnetic clutch terputus oleh switch pressure.

Periksa sight glass AC

Ciri lain yang bisa diketahui adalah dengan memeriksa sight glass AC. Pada saat freon AC mobil sudah hampir habis, maka terdapat gelembung udara berwarna merah muda muncul di receiver saat mobil dinyalakan.

Perlu diingat, bahwa freon pada sistem AC tidak berkurang apalagi habis jika tidak mengalami kebocoran. Namun, jika ternyata ada kebocoran, solusinya adalah segera membawa ke ahlinya untuk diperbaiki. Agar kerja AC mobil normal kembali.



WordPress Video Lightbox Plugin