Roda Depan

Pakai Cara Ini Agar Rem Mobil Awet

Pakai Cara Ini Agar Rem Mobil Awet

Mengganti beberapa komponen rem mobil biayanya relatif besar. Tapi banyak pengemudi  tidak menyadari kalau perilaku berkendara memengaruhi usia pakai komponen rem mobilnya. Dengan menerapkan beberapa perilaku ini, beberapa komponen rem mobil bisa memiliki usia pakai yang lebih panjang.

Ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan dalam berkendara untuk menghemat pemakaian rem mobil, tidak menyita banyak waktu dan biaya. Dengan mengingat beberapa hal ini setiap kali hendak mengemudi, dapat mengurangi berapa kali penggantian komponen rem mobil dibanding dengan tidak melakukannya.

Semakin kuat melakukan pengereman, semakin besar tekanan dan keausan yang diterima kampas rem. Jika deselerasi dilakukan secara bertahap dari kecepatan tinggi, maka tekanan yang besar itu tidak perlu dialami kampas rem. Semisal mengemudi di jalan tol dan melihat ada hambatan jauh di depan, coba kurangi kecepatan dengan meluncur sebentar sebelum harus mengerem bertahap.

Maka, diperlukan kewaspadaan mengemudi dengan selalu memantau kondisi lalu lintas jauh di depan. Dengan begitu, pengemudi memiliki ruang dan waktu cukup untuk mengambil tindakan antisipasi termasuk mengerem secara bertahap. Hindari memposisikan mobil di belakang bus atau truk karena membatasi pandangan.

Baca juga : Inilah Cara Menjaga Ban Mobil Anda Tetap Awet!

Berikutnya adalah mengeluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dari dalam mobil.   Karena semakin berat muatan mobil, semakin besar pula tekanan pada kampas rem saat mengerem. Dengan mengurangi muatan tidak perlu, dapat membuahkan hasil dalam jangka panjang. Yakni, usia pakai kampas rem jadi lebih panjang.

Selain itu, jangan mudah terpengaruh atau terpancing dengan perilaku agresif pengemudi lain. Dengan menjaga jarak aman 3 detik dengan mobil di depan, dapat memberi kesempatan untuk mengerem secara bertahap saat diperlukan. Meski pengemudi di depan kerap mengerem mendadak.

Terlebih, jika paham rute dengan baik maka tahu di mana ada hambatan. Seperti persimpangan atau lainnya, sebelum mencapai lokasi itu sudah bisa mulai melambat dengan perlahan. Perubahan kecil perilaku mengemudi ini dapat meningkatkan usia pakai rem mobil dan terhindar dari keharusan untuk menggantinya lebih sering.



WordPress Video Lightbox Plugin