tangki bensin motor

Ketahui Tanda Tangki Motor Kotor

Ketahui Tanda Tangki Motor Kotor

Tangki bahan bakar motor berfungsi untuk menampung bahan bakar yang diperlukan motor untuk menempuh perjalanan. Penempatan tangki bahan bakar motor ini bisa beragam. Tergantung dari jenis motor.  Untuk motor matik dan bebek, umumnya tangki bahan bakar terletak di bawah jok motor. Sedangkan motor sport berada di belakang setang.

Sejalan dengan pemakaian, tangki bahan bakar motor bisa kotor. Penyebabnya bisa karena sering mengisi bahan bakar dalam jumlah sedikit. Sehingga banyak ruang kosong di dalam tangki yang lambat laun menimbulkan karat. Bisa juga karena bahan bakar yang membawa kotoran. Atau karena ada air yang menyelinap masuk melalui sela-sela tutup tangki. Nah, tangki bahan bakar motor yang mulai kotor itu, bisa menimbulkan beberapa masalah.

Mesin tersendat  

Gejala yang sering terjadi adalah tiba-tiba laju motor terasa tersendat ketika sedang berkendara. Bisa jadi saluran bahan bakar sudah dipenuhi kotoran. Sehingga aliran bahan bakar pun terhambat. Inilah yang membuat kerja mesin tersendat. Karena berisiko saat akselerasi untuk menyalip, segera kuras tangki bahan bakar motor jika mengalami keadaan ini.

Mesin mati saat deselerasi

Kerap terjadi, mesin motor mati mendadak ketika tuas gas dilepas atau deselerasi. Tapi ketika mesin distart lagi, mesin bisa menyala.  Hal itu menjadi indikasi tangki bahan bakar motor sudah kotor dan perlu dibersihkan. Bisa jadi pompa bahan bakar di dalam tangki sudah kotor dan menghambat suplai bahan bakar.

Baca Juga : Efek Meletakan Helm Diatas Tangki Motor

Putaran mesin tidak stabil

Karena terhambatnya suplai bahan bakar dari tangki, bisa juga membuat putaran mesin saat idle menjadi tidak stabil. Gejala ini muncul mirip seperti kehabisan bahan bakar.

Agar terhindar dari beberapa masalah itu, menguras tangki bahan bakar wajib dilakukan. Tidak ada ukuran pasti berdasarkan angka odometer kapan seharusnya tangki dikuras. Tidak pu.a dilakukan setiap servis berkala. Tapi sudah jadi keharusan pemilik motor menjaga kesehatan penyimpan bahan bakar itu.

Ketika mengalami salah satu masalah tadi, segera periksakan kondisi tangki bahan bakar motor di bengkel.  Terutama untuk motor sport, tidak seperti motor matik atau bebek, karena tangki bensinnya berada di luar. Potensinya lebih besar untuk air masuk ke dalam tangki saat hujan. Atau ada penguapan bahan bakar di dalam tangki saat motor terpapar sinar matahari langsung.



WordPress Video Lightbox Plugin