Cari Kami

Efek Meletakan Helm Diatas Tangki Motor

Dampak Meletakkan Helm Di Atas Tangki Bahan Bakar

Bagi pengendara motor, helm merupakan perlengkapan penting untuk melindungi kepala saat riding. Namun karena tidak adanya ruang penyimpanan helm terutama di motor sport, membuat penggunnya sembarangan meletakkan helmnya.

Ada yang meletakkan di spion, jok dan ada yang meletakkan helm di atas tangki bahan bakar. Namun kebiasaan meletakkan helm di atas tangki bahan bakar ini bisa berakibat buruk.

Efek bagi pengendara

Efeknya sebenarnya tidak terlalu bahaya, tetapi bisa membuat pusing dan mual jika helm langsung dipakai atau digunakan. Jika pengendara pusing tentu sangat menggangu konsentrasi berkendara.

Jadi, jika lupa meletakkan helm di atas tangki bahan bakar, lebih baik membiarkan helm terbuka agar ada sirkulasi udara dan hawa bensin hilang. Helm pun siap digunakan lagi.

Baca Juga : Ciri Helm Berkualitas dan Seberapa Pentingnya Helm ?

Efek terhadap helm

Tidak hanya berimbas pada pengendara, kualitas helm lama-kelamaan bisa menurun. Secara tidak langsung bisa membuat busa mengering, keras dan merusak kualitas helm.

Meskipun tangki bahan bakar tertutup, tapi uap bahan bakar tetap ke luar dan bisa merusak komponen helm. Uap bahan bakar tersebut bisa masuk dan melekat di bagian dalam helm.

Busa dan styrofoam helm lama-kelamaan rusak. Jika bagian busa dan EPS atau styrofoam rusak, dikhawatirkan performa helm untuk melindungi kepala dari benturan atau kecelakaan, juga berkurang.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya menyimpan atau meletakkan helm tidak di atas tangki bahan bakar. Sebaiknya letakan di box jika ada atau tempat menggantung helm jika motor dilengkapi gantungan helm.

Selain itu, saat helm tidak digunakan atau disimpan, sebaiknya kaca helm dibuka, agar terdapat sirkulasi udara di dalam helm. Sehingga helm tidak lembab maupun bau.



WordPress Video Lightbox Plugin