Cari Kami

Kenali Manfaat Radiator Flush

Kenali Manfaat Radiator Flush

Salah satu penyebab mesin mengalami overheat adalah kinerja radiator tidak optimal. Umumnya, penyakit yang sering terjadi adalah saluran mampat atau tersumbat hingga tak mampu mendinginkan cairan radiator dan suhu mesin pun meningkat di atas normal. Lalu, perlukah radiator flush?

Biasanya, penyebab radiator mampat karena adanya endapan kotoran yang terdapat pada saluran cairan radiator. Bisa karena karat atau kotoran lain. Nah, endapan kotoran ini dapat menghambat aliran cairan radiator dalam memindahkan panas dari waterjacket di sekeliling mesin ke radiator.

Karena aliran cairan terhambat, proses mendinginkan jadi melambat dan temperatur mesin pun meningkat karena panas tak banyak berpindah tempat.

Sebenarnya, hal ini tidak akan terjadi bila radiator dikuras secara berkala setiap 20.000 km atau minimal 1 tahun sekali. Pengurasan cairan radiator memang dapat mengeluarkan kotoran di radiator. Tapi jika radiator lama tidak dikuras dan endapan sudah tebal atau mengeras, diperlukan radiator flush.

Radiator flush merupakan cairan yang bersifat abrasif untuk mengangkat kotoran atau karat yang menempel baik di dalam radiator dan waterjacket mesin.

Baca Juga : 306 Radiator Coolant

Radiator flush juga dianjurkan bila pemilik mobil ingin menggunakan cairan radiator merek lain. Tujuannya agar sisa-sisa cairan yang menempel pada permukaan saluran pendingin ini rontok dan tidak menimbulkan endapan.

Radiator flush sebaiknya digunakan bersamaan saat menguras cairan radiator secara berkala. Pertama, cairan radiator lama dibuang lewat lubang pembuangan pada bagian bawah radiator. Begitu pula yang ada di tabung cadangan.

Setelah menutup saluran pembuangan, lalu radiator flush yang dicampur air dimasukkan ke radiator untuk menguras cairan radiator yang tersisa. Kemudian nyalakan mesin sekitar 10-15 menit agar cairan dapat bersirkulasi beberapa kali dan radiator flush ikut bekerja. Setelah itu seluruh cairan dibuang, barulah cairan radiator yang baru dimasukkan.

Biasakan memeriksa kondisi cairan radiator sebelum berkendara. Volume cairan radiator yang berkurang menandakan adanya kebocoran. Biasnya disebabkan slang sudah getas, sambungan slang tidak rapat, sil dan pegas tutup radiator sudah tidak berfungsi baik.



WordPress Video Lightbox Plugin