kelebihan meisn diesel

Kelebihan Mesin Diesel dan Kekurangannya

Kelebihan Mesin Diesel dan Kekurangannya

Di dunia ini tidak ada yang sempurna, segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tidak terkecuali dengan mesin diesel. Dibandingkan dengan mesin bensin, hybrid dan elektrik, sudah pasti punya kelebihan dan kekurangan.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya mesin diesel ? Yuk kita intip sama-sama.

KELEBIHAN MESIN DIESEL

Torsi

Mesin diesel perlu mengompresi udara banyak, agar tercipta panas tinggi untuk pembakaran. Untuk itu, langkah pistonnya harus panjang. Hal ini berdampak kepada torsi besar karena lengan kuasa panjang dari titik big end crankshaft.

Hemat Bahan Bakar

Rantai karbon bakar diesel lebih panjang dari bahan bakar bensin. Akibatnya, bahan bakar diesel 20% lebih kaya energi. Karena energi bahan bakar besar, daya ledaknya juga jadi lebih baik.

Selain itu, mesin diesel bisa bekerja pada perbandingan bahan bakar dan udara yang sangat besar. Bisa mencapai 80:1 (80 molekul udara:1 molekul bahan bakar).

KEKURANGAN MESIN DIESEL

Getaran dan Suara Mesin

Mesin diesel terkenal punya getaran dan suara mesin yang lebih besar. Ini adalah dampak dari tingginya rasio kompresi mesin diesel.

Kalibrasi injektor

Kandungan sulfur di bahan bakar diesel, berpotensi menutup lubang-lubang nozzle injektor. Untuk itu, injektor mesin diesel perlu dibersihkan dan kalibrasi secara berkala untuk menjaga performa mesin.

Emisi karbon

Salah satu penyusun udara adalah oksigen dan nitrogen. Suhu ruang bakar mesin diesel yang lebih tinggi, berpotensi tinggi mengubah nitrogen jadi gas berbahaya NOx. Kandungan sulfur juga menyebabkan emisi sulfur dioksida.

Baca Juga : Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Tentu ada cara untuk menutupi kekurangan tersebut di atas, salah satunya merawat kendaraan diesel. Dalam merawat kendaraan oli mesin diesel menjadi poin penting agar mesin selalu bekerja optimal.

Deltalube Daily 757 Premium Diesel Oil SAE 15W-40 API CI-4 memiliki kelebihan tingkat oksidasi yang stabil di suhu tinggi, sehingga mampu mencegah pengentalan oli akibat penguapan. Perlindungan maksimal terhadap gesekan dan keausan, yang mampu menjaga keawetan komponen mesin.