knalpot emisi

Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan kota-kota besar seperti Jakarta, tentu berdampak pada penurunan kualitas udara. Emisi gas buang kendaraan pada umumnya memiliki dampak negatif terhadap lingkungan khususnya berdampak pada kesehatan manusia. Untuk menekan penurunan kualitas udara, diperlukan uji emisi kendaraan.

Uji emisi kendaraan untuk mengetahui kondisi kualitas emisi dari kendaraan bermotor dengan melakukan pengujian beberapa parameter kualitas emisi. Ada 5 unsur dalam gas buang kendaraan yang diukur yaitu senyawa HC (Hidrokarbon), CO (Karbon Monoksida), CO2 (Karbon Dioksida), O2 (Oksigen), dan senyawa NOx (Nitrogen Oksida).

Pengukuran emisi kendaraan harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Mulai dari 6 bulan sekali atau setahun sekali. Alat ukurnya disebut sebagai instrumen gas detector yang digunakan untuk membantu pengukuran, menganalisis, dan mengetahui tingkat konsentrasi dari nilai HC, CO, dan O2 yang mengikat berubah di dalam gas buang. Pengujian juga dilakukan untuk menguji perubahan kandungan gas berlebih.

Baca Juga : Knalpot Kendaraan Anda Mengeluarkan Asap Hitam, Apa Artinya?

Sementara aturan main di tiap provinsi diatur oleh pemerintah daerah masing-masing. Seperti di Jakarta yang memberlakukan wajib uji emisi berlaku bagi motor dan mobil yang usianya sudah 3 tahun lebih. Hasil uji emisi yang dilakukan hanya sekitar 25 menit ini berlaku 1 tahun.

Selain itu, berlaku untuk semua kendaraan yang beroperasi di kawasan Jakarta. Artinya tidak hanya berlaku untuk plat nomor Jakarta. Penerapan sanksi disinsentif biaya parkir tertinggi akan diberikan bagi kendaraan yang tidak lulus atau tidak mengikuti uji emisi. Penegakan hukum berupa tilang sesuai UULLAJ Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 285 dan 286 dengan denda maksimal Rp 250.000 untuk motor dan Rp 500.000 untuk mobil. Begitu pula soal ambang batas emisi gas buang kendaraan, parameternya mengacu peraturan daerah masing-masing.



WordPress Video Lightbox Plugin