Kelebihan dan kekurangan mesin 2-Tak

Ini Kelebihan dan kekurangan mesin 2 Tak

Wajib Tahu Sebelum Beli! Ini Kelebihan dan kekurangan mesin 2-Tak

Masih membahas soal mesin dua Langkah alias mesin 2-tak yang belakangan ini sedang naik daun, para pencinta roda dua pasti sudah tidak sabar untuk menebus motor idaman bermesin “ngebul” ini. Dalam hal membeli kendaraan, pasti butuh pertimbangan matang-matang sebelum meminangnya. Jadi alangkah baiknya sebelum membeli, mencari tahu kelebihan dan kekurangan mesin 2-tak terlebih dahulu.

Sekilas mengulas perbedaan antara mesin 2-tak dan 4-tak, perbedaan besarnya terletak pada jumlah Langkah yang diperlukan dalam satu siklus pembakaran yakni 2 dan 4 langkah. Dalam satu siklus mesin 4-tak, ada langkah hisap->kompresi->bakar->buang.

Sedangkan di motor 2-tak, langkah hisap dan buang terjadi bersamaan saat piston bergerak ke bawah (TMB). Sedangkan langkah kompresi dan bakar terjadi bersamaan saat piston bergerak ke atas (TMA).

Kekurangan

Mesin 2-tak membutuhkan dua Gerakan piston yakni saat naik dan turun untuk menghasilkan tenaga. Hal ini membuat proses masuk bahan bakar ke ruang cylinder lebih cepat, otomatis membutuhkan asupan bahan bakar yang lebih banyak. Akibat siklus tersebut mesin 2-tak lebih boros bahan bakar ketimbang mesin 4-tak.

Berikutnya adalah suhu mesin yang lebih cepat panas. Hal ini disebabkan oleh posisi lubang buang mesin 2-tak berada di cylinder atau boring.

Terakhir adalah yang membuat mesin 2-tak mendapat predikat “ngebul”.

Mesin 2-tak dibutuhkan oli samping. Fungsinya untuk melumasi piston, ring piston, kruk as, bearing kruk as. Oli ini ikut terbakar di ruang bakar. Kasat mata, bisa dilihat dari asap yang keluar dari knalpot. Motor 2-tak banyak mengeluarkan asap dari knalpotnya alias lebih ngebul. Oleh sebab itu, mesin 2-tak sudah tidak diproduksi lagi karena memang bertentangan dengan misi para produsen kendaraan yang ingin mengeluarkan produk yang ramah lingkungan.

Baca Juga : Mengenal Pelumasan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Kelebihan

Kelebihan pertama dari mesin 2-tak yakni memiliki output tenaga yang lebih besar ketimbang mesin 4-tak. Kapasitas mesin 4-tak yang lebih besar dari 2-tak, namun dari sisi tenaga yang dihasilkan tidaklah lebih besar.

Berikutnya, mesin 2-tak terkenal lebih responsif ketimbang mesin 4-tak. Hal ini terjadi karena mesin 2-tak hanya membutuhkan dua Langkah dalam satu silkus untuk menghasilkan tenaga.

Tidak melulu soal tenaga yang dihasilkan, kelebihan mesin 2-tak juga terletak pada konstruksi mesinnya yang lebih sederhana. Komponen yang ada pada mesin 2-tak juga lebih sedikit. Pada mesin ini tidak ada klep in dan out hingga noken as. Bahan bakar masuk lewat inlet port (saluran hisap) dan transfer port (saluran transfer). Otomatis bobotnya juga lebih ringan dibandingkan dengan mesin 4-tak.

Kompensasi dari konstruksi mesin yang sederhana dari mesin 2-tak juga jadi keunggulan. Dengan begitu mesin ini lebih mudah dalam hal perawatan. Karena di mesin ngebul ini tidak perlu setel klep atau ganti filter oli dalam perawatannya.