pelek motor

Ini Cara Memperbaiki Pelek Motor Bengkok

Ini Cara Memperbaiki Pelek Motor Bengkok

Sebagai penopang dari bobot motor dan ban, pelek motor merupakan salah satu komponen yang berpengaruh besar pada pengendalian jika bermasalah. Pentingnya pelek motor ini juga karena berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Masalah yang biasa terjadi pada pelek motor adalah kerusakan seperti bengkok atau peyang. Hal ini bisa disebabkan karena ada benturan yang keras dengan permukaan jalan atau objek lain, sehingga konstruksi pelek berubah.

Untuk pelek jari-jari, bukan hal yang sulit untuk memperbaikinya. Cukup melakukan penyetelan dan pengencangan jari-jari, masalah pun selesai. Tapi ketika bentuk pelek jari-jari sudah terlipat, semisal akibat tabrakan keras, sebaiknya diganti baru ketimbang diperbaiki. Lalu bagaimana dengan pelek aluminium atau racing jika terjadi masalah seperti itu? Terlebih, biasanya pelek racing menggunakan material alloy yang keras dan tidak mudah bengkok.

Baca Juga : Tips Memilih Pelek Aftermarket Utuk Motor

Untuk pelek motor jenis aluminium atau racing baik standar pabrik atau produk aftermarket, umumnya jika sudah bengkok ternyata juga bisa diperbaiki dan tergantung dari tingkat kerusakannya. Bisa mengandalkan jasa perbaikan pres pelek untuk melakukan hal tersebut.

Yang perlu diingat sebelum melakukan perbaikan, tentunya perlu mencari referensi bengkel pres pelek yang bagus agar mendapatkan hasil maksimal. Termasuk metode perbaikan apa yang dimiliki bengkel. Karena sebenarnya pengerjaan ini juga memiliki risiko tinggi jika tidak dikerjakan dengan teliti.

Jika dilakukan oleh mekanik bengkel yang bukan ahlinya, bisa saja dapat merusak bentuk dari pelek yang berujung pada pengeluaran biaya lebih besar hingga penggantian pelek baru.

Sebaiknya sebelum melakukan perbaikan, konsultasikan dulu masalah dan tingkat kesulitan pengerjaannya. Karena pada dasarnya tidak semua kerusakan bisa diperbaiki oleh jasa pres pelek.



WordPress Video Lightbox Plugin