Waspadai Risiko Mengemudi Mobil Sambil Makan dan Minum

Waspadai Risiko Mengemudi Mobil Sambil Makan dan Minum

Waspadai Risiko Mengemudi Mobil Sambil Makan dan Minum

Kegiatan multitasking di saat mengemudi mungkin dianggap hebat dan keren untuk dilakukan bagi sebagian orang. Namun ternyata kegiatan multitasking, seperti mengemudi sambil makan atau minum, sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena berpotensi mengurangi fokus pengemudi.

Umumnya, mengemudi sambil makan dan minum dianggap hal yang sepele. Toh salah satu tangan masih menggenggam setir dan pandangan mata pun hanya berpaling sesekali.  Namun yang jarang dipahami adalah ketika pandangan mata teralihkan beberapa detik saja dari situasi di sekitar mobil, bisa membuat pengemudi kehilangan kendali pada kendaraannya.

Semisal, pada saat mata melihat makanan yang ingin disantap, di saat yang sama ada pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan di depan mobil. Pada kondisi ini, daya respons pengemudi pada kondisi mendesak seperti itu jelas sudah hilang.

Sementara hanya satu tangan menggenggam setir dapat menurunkan kemampuan untuk melakukan olah kemudi. Terlebih jika dihadapkan pada kondisi darurat yang mengharuskan pengemudi mengolah kemudi dengan cepat. Untuk melakukan perpindahan gigi pada mobil transmisi manual pun sulit dilakukan.

Baca juga : 5 Perlindungan yang Wajib Dilakukan Oleh Pemilik Mobil

Selain itu, mengemudi sambil makan juga bisa berisiko tangan kehilangan kendali pada setir. Seperti ketika makan makanan berminyak menggunakan tangan dan langsung memegang setir. Hal tersebut membuat setir menjadi licin. Di saat harus sigap mengendalikan setir, tentunya sulit dilakukan.

Tidak hanya dari sisi safety yang merugikan dari kegiatan mengemudi sambil makan dan minum, dari sisi kenyamanan juga dapat mempengaruhi. Dengan melakukan kegiatan tersebut, interior mobil menjadi kotor dengan sisa-sisa makanan yang jatuh. Sisa-sisa makanan itu menjadi pengundang hadirya serangga di dalam kendaraan.

Melihat lebih banyak sisi negatif dari pada sisi positifnya, mengemudi sambil makan dan minum jelas tidak perlu dilakukan. Jika sangat terdesak sebaiknya parkir kendaraan di tempat yang aman sebelum makan dan minum.