head unit monitor

Tips Mudah Merawat Head Unit Mobil

Kiat Mudah Merawat Head Unit Mobil

Guna menunjang faktor hiburan dan kenyamanan selama berkendara, mayoritas mobil sudah dilengkapi head unit. Dengan head unit ini dapat mengatur komponen-komponen audio seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

Baik berukuran single atau double DIN, head unit mobil merupakan sistem primer dalam sistem audio mobil. Beberapa fungsi pengaturan disedaikan untuk meningkatkan kualitas suara sistem audio. Sementara untuk soal kemudahan, tak sedikit mobil baru saat ini yang sudah menggunakan monitor touch screen multi fungsi.

Maka dari itu agar umur head unit mobil bisa lebih panjang, perlu dilakukan perawatan head unit mobil dengan baik dan benar. Ini beberapa cara mudah merawat head unit.

Baca Juga : Fitur – Fitur pada Head Unit yang Terintegrasi dengan Smartphone

Menjaga kebersihan kabin

Kebersihan kabin menjadi penting agar head unit terhindar dari debu yang dapat mengganggu kerja komponen elektronik head unit mobil. Dengan kondisi kabin bersih, monitor pun tetap bersih dan mengurangi kesempatan debu masuk ke celah head unit.

Bersihkan dengan menggunakan kain bersih yang lembut ataupun dengan tisu basah atau memakai head cleaner khusus.

Hindari CD bajakan dan baret

Saat memutar CD, sebaiknya gunakan keping CD atau DVD orisinal. Selain untuk mendengarkan hasil suara lebih berkualitas, menggunakan CD dan DVD orisinal juga membuat komponen head unit tahan lama karena meringankan beban optik.

Hindari pula memutar CD yang sudah banyak baret atau tergores, meskipun itu CD orisinal. Karena hal ini membuat beban kerja optik pemutar lebih berat.

Menggunakan remote control

Maksimalkan penggunaan remote control untuk mengurangi sentuhan jari berlebihan di monitor touch screen maupun di tombol yang ada. Sehingga terhindar dari kontak langsung yang sering dan berlebihan oleh tangan.

Manfaatkan media penyimpanan file

Untuk menjaga optik lebih awet, gunakan alternatif media pemutar yang tersedia di head unit mobil. Misalnya gunakan flask disk, SD card maupun koneksi Bluetooth smartphone serta kabel dari media player untuk memutar video dan lagu di head unit.

Perlu diperhatikan, walau head unit mobil bisa membaca flash disk atau SD Card hingga 32 GB bahkan lebih, hindari menyimpan file terlalu banyak. Karena head unit bekerja lebih keras untuk membaca media tersebut. Jadi, simpan file video dan lagu seperlunya.

Matikan head unit sebelum mematikan mesin

Meskipun head unit terbaru sudah canggih dan dilengkapi banyak fitur, hindari mematikan kendaraan dalam kondisi head unit masih menyala. Langkah terbaik adalah mengeluarkan CD atau DVD, lalu matikan head unit dengan menekan tombol off sampai head unit mati (bukan hanya layar mati).

Hindari benturan keras pada kendaraan

Mengemudi dengan hati-hati juga berpengaruh kepada usia pakai head unit mobil. Hindari menghantam jalan berlubang, speed bum atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi. Benturan itu berdampak merusak pada head unit, meskipun head unit saat ini sudah dilengkapi shock resistant.

Pastikan kondisi aki baik

Kondisi aki tidak prima, bisa menyebabkan pasokan listrik ke head unit menjadi tidak stabil. Nah, jika arus listrik tidak stabil, sangat berpotensi merusak.



WordPress Video Lightbox Plugin