Cari Kami
Ketahui 5 Pertanda Kendaraan Anda Perlu Ganti Ban Baru

Tahukah Kapan Anda Perlu Mengganti Ban Kendaraan Anda?

Anda mungkin pernah bertanya-tanya kapan waktu yang pas untuk mengganti ban mobil Anda. Anda bisa saja mengikuti saran mekanik untuk mengganti ban setiap penggunaan setelah 3 sampai dengan 5 tahun. Namun, benarkah Anda tidak perlu khawatir tentang kapan harus mengganti ban dan menunggu 3 sampai 5 tahun?  Perkataan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan kendaraan masing-masing orang pasti berbeda dan tidak bisa menjadi tolak ukur sebagai penetapan waktu kapan harus mengganti ban. Lalu, kenapa para mekanik mengatakan harus mengganti ban setelah setiap 3 sampai 5 tahun? Apakah mereka sedang menipu Anda? Anda jangan salah sangka dulu, para mekanik mengatakan tersebut memang ada dasarnya. Para ahli menyimpulkan bahwa rata-rata pengguna mobil maupun motor harus mengganti bannya setiap 3 sampai 5 tahun berdasarkan hasil riset dan survey yang diberikan ke sejumlah orang, dan berdasarkan pada tahun keberapa ban akan mulai menurun kualitasnya.

Baca Juga: Periksa 4 Komponen Mobil Berikut Sebelum Berlibur Akhir Tahun

Namun, survey dan riset tersebut yang menunjukkan rata-rata penggunaan orang-orang dapat dibilang terlalu menggeneralisir, sehingga Anda perlu beri pertimbangan lain selain hanya mendengar apa kata para ahli. Karena bisa saja Anda menggunakan kendaraan jauh lebih sering dan di medan yang jauh lebih berat, bukan? Oleh sebab itu, mari ketahui beberapa ciri dan pertanda Anda harus mengganti ban kendaran Anda:

Kendaraan terasa bergetar saat dikemudikan

Gejala yang paling mudah untuk bisa dijadikan pertimbangan adalah rasa bergetar yang tidak lazim saat mengendarai kendaraan Anda seperti biasanya. Ban yang masih ‘sehat’ biasanya tidak menimbulkan getaran saat dikendarai. Ban yang bergetar bisa membahayakan, karena getaran yang berlebihan dapat mengakibatkan ban keluar dari velg mobil maupun motor Anda. Jika Anda ingin mencari tahu bagaimana caranya memeriksa hal tersebut, Anda bisa membawa kendaraan ke jalanan yang mulus (tak berlubang) dan tak berliku. Jika Anda merasakan getaran yang tak lazim bisa saja ban Anda perlu diganti dan Anda perlu periksa hal berikutnya:

Adanya retakan pada sisi-sisi ban

Ban yang retak berarti ban sudah rapuh dan tidak sekuat saat digunakan pada pertama kali. Ada berbagai macam penyebab keretakan pada sisi ban termasuk suhu, cuaca, usia ban, tekanan angin, hujan, dan lain-lain. Saat cuaca sedang dingin, suhu yang terlalu rendah bisa menyebabkan permukaan ban menjadi kaku dan retak. Air hujan juga bisa mengikis permukaan ban sehingga menjadi lebih tipis. Usia ban juga bisa menjadi penyebab keretakan ban, dan inilah mengapa para peneliti mengatakan usia ban dapat menjadi pertimbangan.

Indikator keausan ban

Setiap ban memiliki indikator keausan ban atau TWI (tire wear indicator) masing-masing dan Anda sendiri bisa mengecek dengan melihat apakah ketebalan tapak atau alur ban sudah aus dan rata dengan indikator yang ada di tengah alur maupun di sisi ban, itu berarti Anda harus pertimbangkan mengganti ban. Ban yang alurnya sudah terlalu tipis tidak dapat mencengkeram aspal sehingga menjadi licin dan berbahaya untuk digunakan.

Munculnya benjolan pada ban

Benjolan maupun lubang kecil dapat dilihat dengan kasat mata, sehingga Anda tidak perlu khawatir harus mengecek secara terlalu mendetil. Hal tersebut terjadi karena udara keluar dari bagian dalam ban ke bagian luar ban. Yang jadi penyebab biasanya adalah benturan-benturan dengan polisi tidur, kerikil, batu dan lainnya.

Umur ban

Para peneliti menyatakan bahwa ban kendaraan akan mulai rusak ditahun ketiga sampai kelima setelah penggunaan. Umur ban bisa Anda cek dengan melihat angka yang biasanya terdapat pada tepi ban. Misalnya, jika angka pada ban menunjukkan angka ‘1312’, itu berarti ban tersebut dibuat di minggu ke-13 di tahun 2012. Dua angka pertama menunjukkan di minggu berapa sementara dua angka terakhir menunjukkan di tahun berapa ban tersebut di produksi.

Baca Juga: Apa Yang Terjadi Jika Tekanan Angin Pada Ban Tidak Sesuai?



WordPress Video Lightbox Plugin