Periksa 4 Komponen Mobil Berikut Sebelum Berlibur Akhir Tahun

Periksa 4 Komponen Mobil Berikut Sebelum Berlibur Akhir Tahun

Sungguh tidak terasa tahun 2017 akan segera berlalu, kita pun akan segera memasuki masa-masa liburan di akhir tahun. Sungguh menyenangkan sekali bukan?

Tapi tunggu dulu. Sebelum pergi berlibur ke tempat lain, Anda perlu memeriksa kendaraan Anda sebelum bepergian agar sampai ke tujuan tanpa adanya hambatan.

Hati akan terasa lebih tenang tentunya apabila kendaraan yang akan Anda kendarai tidak mengalami kerusakan apapun terutama pada komponen-komponen mobil yang terlihat kecil namun memiliki peranan yang cukup besar.

Agar tidak sampai melewati beberapa detail penting, berikut 4 komponen yang dapat Anda periksa di rumah sebelum melakukan perjalanan:

aki-deltalube

Aki pada umumnya dapat bertahan sekitar 3 hingga 4 tahun di iklim panas. Agar dapat mengetahui apakah aki masih berfungsi dengan baik, anda dapat memeriksanya dengan menggunakan voltmeter.

Caranya cukup mudah. Pastikan kontak dalam keadaan tidak hidup ketika melakukan pemeriksaan. Lalu periksa serta bersihkanlah terminal positif aki dan sambungkan pada kabel penyidik positif voltmeter sesudahnya.

Lakukan hal yang sama pada terminal negatif aki dan amatilah voltmeter anda. Apabila voltase berada pada 12,4 hingga 12,7 volt maka aki anda sudah tidak perlu dicas kembali.

  • Ban

tire-deltalube

Sebagai salah satu komponen terpenting, Anda dapat melakukan pemeriksaan pada ban dari luar ban terlebih dahulu. Apakah ada benda tajam yang dapat merusak ban? Jika tidak maka anda bisa lanjut ke tahap berikutnya yakni pemeriksaan pada tekanan angin ban.

Bukalah penutup pentil ban dan periksalah buku manual mobil untuk mengetahui ukuran tekanan udara yang standar untuk kendaraan anda. Jika sudah terbuka, anda dapat memasukan alat pengukur tekanan udara pada pentil ban.

Tekanan ban mobil normalnya berkisar 30 hingga 34 psi. Pastikan tekanan udara sesuai dengan kisaran normal tersebut baik baik standar pada buku manual anda, lalu tutup kembali dengan penutup pentil ban.

  • Wipper Kaca

wiper-deltalube

Ini merupakan salah satu komponen yang cukup penting terutama ketika berkendara saat musim hujan tiba. Anda dapat memencet tombol wipper kaca agar dapat mengetahui adanya kerusakan ketika wipper bergerak. Periksalah juga karet dan jumlah air pada wipper agar berfungsi dengan baik saat digunakan.

oliPenggantian oli tergantung pada jenis mobil apa yang anda gunakan. Beberapa mengganti oli setiap kilometer mobil mencapai 4.800 km hingga 16.000 km. Melihat apakah oli mobil perlu diganti apa tidak dapat dilihat melalui tanda pada dasbor yang menyala. Jika menyala, anda perlu mengisi ulang oli mobil dengan segera.

Berikut merupakan beberapa komponen mobil yang dapat anda periksa sebelum pergi berlibur. Bila anda masih ingin melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan lebih akurat, kunjungilah bengkel otomotif terpercaya dan sesuai dengan jenis mobil anda untuk melakukan pengecekan.

Sumber gambar: Financial Tribune

Baca Juga: Pastikan 5 Bagian Mobil ini Dicek Setiap 3 Bulan



WordPress Video Lightbox Plugin