Daftar Peralatan Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Peralatan Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Peralatan Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Ganti oli mesin adalah kegiatan rutin, yang wajib dilakukan pemilik mobil. Jika telat ganti oli, mesin berpotensi rusak dan bisa menuntut perbaikan yang biayanya menguras kantong. Banyaknya bengkel mobil, tentu memudahkan para pemilik mobil untuk ganti oli. Apalagi banyak bengkel yang menawarkan jasa express maintenance, berupa ganti oli yang hanya butuh waktu 30 menit bahkan kurang.

Tapi, jika kalian ingin ganti oli sendiri di rumah, tentu tidak disalahkan. Ganti oli mesin mobil sendiri di rumah, bisa mengemat biaya, dan waktu. Tapi, kita tetap butuh biaya untuk membeli peralatannya terlebih dahulu, agar proses ganti oli bisa lancar dilakukan. Ibaratnya, kita investasi pada peralatan, yang bisa dipakai berulang kali. Tentu lebih hemat dibanding harus keluarkan biaya jasa bengkel, setiap kali ganti oli.

Daftar peralatan pertama yang diperlukan adalah kunci-kunci untuk membuka baut pembuangan (drain oil plug). Gunakan kunci ratchet yang bisa memudahkan pergerakan di ruang mesin yang sempit. Lalu beli juga mata kunci rachet atau umum disebut mata kunci sok, agar bisa membuka baut pembuangan oli. Untuk mobil di Indonesia, umumnya menggunakan baut pembuangan oli ukuran 14, 17, dan 19 mm.

Baca Juga : Tanda Oli Mesin Harus Segera Diganti

Selanjutnya, beli juga kunci pembuka filter oli.

Agar tidak keliru, sebaiknya bawa mobil ke toko saat ingin membelinya. Jadi bisa dicoba, apakah sudah cocok dengan filter oli yang ada di mobil kita. Atau bisa gunakan kunci filter oli universal yang berukuran 54-116 mm.

Selanjutnya kita perlu beli tang, untuk membantu buka tutup pengisian oli yang terkadang keras saat dibuka. Yang tidak kalah penting, kita perlu beli corong untuk memudahkan proses pengisian oli, dan ember penampung oli bekas ukuran 5 liter atau lebih.

Pilih model ember yang pipih namun lebar ya, jangan sampai ember tidak bisa masuk ke celah antara lantai dan karter oli. Jika melihat di marketplace online, harga kunci ratchet berkisar Rp 180.000, kemudian mata kuncinya sekitar Rp 25.000, kunci filter oli Rp 75.000, corong Rp 10.000, tang Rp 35,000, dan ember sekitar Rp 30.000. Selamat mencoba.



WordPress Video Lightbox Plugin