sistem kemudi

Penyebab Kemudi Mobil Bunyi Saat Belok

Ketahui Penyebab Kemudi Mobil Bunyi Saat Belok

Sudah keharusan bagi pemilik mobil untuk merawat mobilnya secara rutin. Tujuannya untuk mendeteksi terjadinya kerusakan agar bisa dicegah dari awal. Salah satunya sistem kemudi mobil. Kerusakan pada kemudi mobil juga bisa terdeteksi dari bunyi saat belok. Ketika muncul bunyi tak lazim, bisa menjadi tanda adanya masalah. Bunyi dari sistem kemudi mobil itu bisa disebabkan karena beberapa hal.

Dalam dunia otomotif ada istilah Front Wheel Alignment (FWA) yang merupakan cara untuk membuat roda kanan dan kiri seimbang. Jika terjadi bunyi saat kemudi dibelokkan, mungkin bisa diakibatkan dari ini. Penyebabnya karena terjadi keausan pada roda yang membuat FWA berubah, sehingga terjadi bunyi saat belok.

Berikutnya adalah rack kemudi yang sudah goyang. Biasanya terjadi pada MPV atau hatchback karena banyak menggunakan rack kemudi. Fungsi dari kemudi ini mempunyai efektivitas lebih baik karena putaran kemudi yang tidak jauh. Kalau komponen ini rusak biasanya terjadi akibat gear kurang pelumas, rack yang aus sehingga membuat celahnya melebar, bearing rack kemudi sudah rusak sehingga menyebabkan goyang pada poros di rack dan poros rack yang bengkok.

Baca Juga : Penyebab Roda Depan Mengeluarkan Bunyi

Batang stabilizer merupakan komponen pada mobil untuk membuat tinggi roda kanan dan kiri di sistem suspensi menjadi stabil. Cukup sering terjadi beberapa kelemahan yang mengakibatkan bunyi saat kemudi belok dan bisa membuat seret serta menimbulkan gesekan.

Rusaknya constant velocity joint (cv joint) bisa menjadi salah satu penyebab bunyi saat kemudi belok. Hal ini bisa terjadi diakibatkan robeknya karet boot cv joint. Sehingga pelumas cv joint pun keluar saat roda mobil sedang berputar. Bila ini terjadi, bisa membuat cv joint tidak terlumasi dengan baik, yang mengakibatkan keringnya pada bagian-bagian motorik yang bergerak.



WordPress Video Lightbox Plugin