Cari Kami

Mengenal Kode Ban Mobil

Mengenal Kode Ban Mobil

Ban merupakan komponen vital dari mobil. Ketika ban sudah perlu diganti karena aus, pemilik mobil tentu perlu tahu spesifikasi ban standarnya. Maka penting untuk mengetahui arti dari kode ban mobil agar saat memilih ban baru bisa sesuai spesifikasi pabrik.

Tidak semua pemilik mobil paham kode ban, baik huruf maupun angka. Banyak yang beranggapan kalau semua ban baru itu bagus, sehingga hal semacam ini sering diabaikan.

Cermat membaca kode ban merupakan langkah pertama untuk berkendara dengan aman. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena tak cermat ketika memilih ban.

Semua ban memiliki rangkaian kode yang menginformasikan spesifikasi ban. Kode tersebut meliputi ukuran/dimensi, tahun produksi, ukuran tekanan (Psi/Pounds per Square Inch), maksimal rotasi kecepatan, ukuran beban dan suhu maksimal saat berputar.

Namun kode 4 digit dari belakang adalah standar internasional yang menunjukkan pada minggu (week) dan tahun (year) ban tersebut diproduksi.

Sebagai contoh ban mobil dengan kode 205/65R15 95H.

Baca Juga : Menghadapi Ban Mobil Pecah Tiba-tiba

205: Menunjukkan lebar telapak ban memakai satuan milimeter. Semakin besar angkanya, maka semakin lebar telapak ban.

65: Menunjukkan rasio aspek (perbandingan tinggi ban dengan lebar bagiannya). Angka 65 menunjukkan tinggi ban 65% dari lebarnya.

R: Menunjukkan konstruksi ban dengan lapisan radial.

15: Merupakan kode diameter dari pelek yang sesuai. Berarti pelek yang dipakai menurut kode ini adalah berukuran 15 inci.

95H: Adalah simbol yang menunjukkan kapasitas maksimum beban dan kecepatan ban yang secara aman dapat dioperasikan. Angka 95 merupakan beban maksimum 690 kg per ban. Sedangkan huruf H merupakan kecepatan maksimum 210 km/jam.

Perlu dipahami, ban juga mempunyai batas kadaluwarsa, biasanya 3 tahun dari tanggal produksi atau sudah menempuh jarak 60 ribu kilometer. Setiap pabrik ban mempunyai kode yang berbeda pada bagian ini. Kode 4 digit pada ban adalah standar internasional yang menunjukkan pada minggu (week) dan tahun (year) ban tersebut diproduksi. Contohnya, 1117 yang artinya ban diproduksi pada minggu ke-11 pada tahun 2017.



WordPress Video Lightbox Plugin