Ini Alasan Mengapa Oli Beda Merek Tidak Boleh Dicampur

Ini Alasan Mengapa Oli Beda Merek Tidak Boleh Dicampur

Sumber gambar : thespruce

Apakah oli mesin berbeda merek boleh dicampur dan digunakan untuk kendaraan Anda? Hemat dalam melakukan perawatan kendaraan boleh saja dilakukan, tetapi Anda tetap harus melihat apakah dengan penghematan tersebut kendaraan Anda tetap terawat dengan baik dan dapat bekerja secara maksimal. Terkadang karena penghematan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan malah mengakibatkan kerusakan atau gangguan pada mesin mobil dalam jangka waktu panjang. Salah satu hal yang sering menjadi kebiasaan dalam menghemat pengeluaran untuk perawatan mobil yaitu mencampur oli mesin yang berbeda merek.

Ketika pemilik kendaraan ingin menambah oli yang sudah berkurang jumlah volumenya di dalam mesin, karena melihat faktor biaya yang dikeluarkan jika menggunakan oli yang sama, ada sebagian pemilik kendaraan yang memilih oli merek dengan pertimbangan harga yang lebih murah. Padahal oli dengan merek yang berbeda, kemungkinan besar mengandung formulasi zat aditif yang berbeda pula, sehingga penggunaan oli beda merek dapat menimbulkan masalah pada mesin kendaraan Anda.

Sebenarnya oli yang berbeda merek boleh dicampur dengan syarat harus memiliki senyawa kimia yang sama, jenis yang sama dan memilki kode SAE ( Society of Automotive Engineers) yang sama juga.  . Namun Deltalube sendiri sangat tidak menyarankan Anda melakukan pencampuran oli bede merek. Untuk perawatan mesin kendaraan secara maksimal, Anda perlu menguras oli lama sampai habis, baru kemudian menggantinya dengan oli merek baru.

Dalam melakukan pengurasan oli juga tidak boleh sembarangan, karena sisa-sisa oli sebelumnya bisa saja masih tertinggal di dalam mesin. Maka dari itu sangat disarankan untuk melakukan pengurasan oli di bengkel, supaya benar-benar terkuras dengan bersih. Namun harus diingat, Anda tetap tidak boleh mencampur oli berbeda merek karena percampuran oli tersebut dapat membentuk lumpur yang membuat mesin menjadi lecet.

Selain pencampuran oli, Anda juga perlu tahu untuk merawat mobil Anda tidak boleh menggunakan oli mobil untuk oli motor,  karena perbedaan kerja mesin pada kedua kendaraan tersebut membutuhkan pelumasan oli yang berbeda. Jika motor menggunakan oli mobil yang akan terjadi adalah slip kopling dan kerja mesin terganggu.

Oleh karena itu pemahaman mengenai oli mesin harus dimengerti secara jelas, supaya tidak ada kesalahan yang menyebabkan rusaknya komponen mesin mobil, entah karena oli yang tidak cocok atau beredarnya oli palsu yang sangat berbahaya. Pastikan Anda memilih oli mesin yang tepat dan cocok untuk mendongkrak performa mesin kendaraan Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin