koil mobil

Gejala Koil Mobil Mulai Rusak

Kenali Ciri Koil Mobil Mulai Rusak

Setiap mobil bermesin motor bakar tentu memiliki sistem pengapian. Fungsinya untuk mengubah tegangan rendah dari dari 12 Volt menjadi tegangan tinggi hingga ribuan volt untuk menghasilkan loncatan bunga api pada busi. Salah satu komponen utama sistem pengapian mobil adalah koil (ignition coil). Jika koil mulai rusak dapat dipastikan kinerja mesin mobil tergangu. Lalu apa saja gejala jika koil mobil mulai rusak?

Ciri pertama adalah tenaga mesin terasa kurang berkurang. Akselerasi lebih lamban dan tersendat-sendat, bahkan mesin bisa mati dengan sendirinya. Berikutnya adalah mesin mobil mulai sulit dihidupkan. Terutama pada pagi hari. Bisa juga terjadi ketika mesin mobil cukup lama tidak dihidupkan. Hal itu karena tegangan listrik yang dihasilkan kecil. Sehingga percikan busi pun makin kecil dan tidak mampu membakar seluruh campuran udara dan bahan bakar.

Mesin mendadak mati ketika mesin panas menjadi gejala berikutnya. Gejala lainnya saat koil mobil rusak adalah suara mesin yang meletup-letup pada kecepatan rendah. Sedangkan saat kecepatan tinggi terkadang terjadi entakan pada mesin. Ini akan mengakibatkan mobil menjadi tidak bertenaga, sehingga bahan bakar lebih boros akibat pedal gas ditekan lebih dalam. Putaran mesin langsam (idle) pun sulit didapat.

Baca Juga : Penyebab Putaran Mesin Idle Tidak Stabil

Pada beberapa jenis mobil, kerusakan koil bisa diketahui dengan menyalanya lampu check engine saat mesin sudah bekerja. Pemeriksaan kondisi koil perlu menggunakan alat scanner.

Selain dari beberapa gejala kerusakan koil yang bisa dirasakan, pengguna mobil pun dapat melihat kondisi fisik dari koil. Semisal insulator koil retak di pinggir terminal koil, yang umumnya kondisi ini dikenal sebagai koil bocor.

Tak ada salahnya memeriksa juga kondisi kabel koil dan busi. Jika ada kabel yang robek, tentu membuat aliran listrik tegangan tinggi tidak lagi optimal. Sehingga menurunkan daya percik dari busi.

Sebaiknya ganti koil sesegera mungkin jika beberapa gejala tadi dirasakan. Jangan lupa untuk memilih koil yang berkualitas dan terjamin mutunya. Karena hal ini menyangkut kinerja mesin dan usia pakai komponen mesin.

 

 



WordPress Video Lightbox Plugin