kerak mesin

Penyebab Munculnya dan Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Mobil

Ini Penyebab Hadirnya Kerak di Ruang Bakar Mesin

Umumnya, penyebab mobil turun mesin adalah akibat menumpuknya kerak. Biasanya penumpukan kerak sering diidentifikasi berada di ruang bakar mesin. Efek yang sering muncul akibat penumpukan kerak di ruang bakar mesin adalah performa mesin menurun, konsumsi BBM jadi boros dan sering ngelitik (knocking). Bisa juga ditandai dengan munculnya asap putih dari knalpot.

Beberapa sebab terjadinya penumpukan kerak di ruang bakar, biasanya akibat sisa proses pembakaran yang kurang sempurna. Umumnya karena penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai atau kualitas yang buruk.

Debu dan oli atau uap oli mesin juga punya peran dalam penimbunan kerak yang datang dari hasil isapan intake valve. Keduanya masuk lalu mengendap dan membuat ruang bakar kotor. Selain itu, banyaknya unsur parafin dan sulfur yang masuk ruang bakar mesin juga membuat penumpukan kerak.

Untuk membersihkan kerak di ruang bakar mesin, jika belum parah, bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu membongkar mesin. Caranya dengan memacu mobil pada putaran mesin tinggi dan kecepatan tertentu. Tapi hal ini tentu berisiko tinggi.

Baca Juga : Betulkah Sering Ganti Merek Oli Membuat Mesin Cepat Berkerak?

Sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 atau lebih. Terlebih untuk mesin mobil modern. Apabila kerak karbon sudah menumpuk, diperlukan perlakuan yang lebih intens. Untuk membersihkan ruang bakar mesin, perlu menggunakan bahan kimia seperti carbon cleaner.

Tapi tidak semua carbon cleaner mengandung bahan yang aman bagi mesin mobil. Salah memasukkan cairan carbon cleaner, pembakaran mesin mobil bisa terganggu. Pemberian carbon cleaner ini bisa dilakukan setiap 20.000 km, sehingga penumpukan kerak karbon tidak terlalu banyak. Hindari penggunaan dengan interval terlalu rapat. Salah satu akibatnya adalah lapisan tipis pada piston bisa terangkat dan memudahkan kerak karbon menempel.



WordPress Video Lightbox Plugin