Cari Kami
rantai motor

Cara Deteksi Gir Dan Rantai Aus

Cara Deteksi Keausan Gir dan Rantai Motor

Seiring pemakaian, gir dan rantai sepeda motor akan mengalami aus dan rusak, sehingga kinerjanya tidak optimal lagi. Umumnya, penggantian gir dan rantai motor dilakukan dengan interval 10.000 – 15.000 km.

Namun, selain melihat masa pakai, mendeteksi gir dan rantai yang sudah tidak layak pakai bisa dengan cara mengecek langsung komponennya. Hal ini juga bisa dilakukan sendiri, tanpa harus dibawa ke bengkel.

Beberapa cara mendeteksi kondisi gir dan rantai ini bisa diterapkan untuk memutuskan apakah sudah perlu diganti baru atau tidak.

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Stabilizer Rantai

Deteksi kondisi rantai

Cara mendeteksi rantai apakah sudah waktunya ganti atau belum, dengan cara menggoyangkan rantai ke kiri dan kanan. Bila rantai sudah aus, rantai tidak mencengkeram gir dengan sempurna.

Cara lainnya, posisikan motor dengan standar tengah. Lanjutkan dengan menyalakan mesin dan masuk gigi 1, kemudian putar grip gas sedikit saja agar roda belakang berputar.

Jika rantai terlihat kendur lalu mengencang yang membuat perputaran roda tidak stabil, artinya kondisi rantai sudah tidak baik. Hal itu karena sil penghubung antara mata rantai sudah getas karena kurang perawatan, atau bagian dalam sudah banyak yang aus.

Deteksi kondisi gir

Cara melihat kondisi gir depan maupun belakang masih baik atau tidak, bisa dengan melihat mata gir sambil disentuh dengan telunjuk. Bila sudah terlihat runcing tandanya sudah aus dan perlu diganti.

Jika ujung mata gir sudah runcing, lekukannya mulai dalam, serta lebar lekukan dan sudut tajam mulai tidak sama, itu tandanya gir roda belakang maupun depan perlu segera diganti. Hal ini menunjukkan bahwa gir sudah aus akibat gesekan dengan rantai.

Suara kasar dari gir dan rantai

Kenali suara kasar yang tidak biasa pada bagian gir dan rantai. Suara-suara ini dipastikan timbul karena gesekan yang tidak wajar. Bisa karena aus atau bergesekan dengan komponen lain seperti swing arm.

Rantai tidak bisa disetel

Kapan gir dan rantai perlu diganti baru, yaitu saat rantai sudah terlalu kendur atau longgar dan tidak bisa disetel lagi. Namun, kenyataannya banyak yang memotong mata rantai agar bisa disetel kembali. Tapi hal ini bukan solusi tepat, karena bila rantai sudah tidak bisa disetel lagi, dipastikan sudah aus.



WordPress Video Lightbox Plugin