wheel alignment

Kenapa Wheel Alignment Perlu Rutin Diatur?

Wheel Alignment Perlu Rutin Diatur

Proses wheel alignment merupakan salah satu bagian dari servis berkala kendaraan. Jika pemeriksaan ban yang dilakukan terdeteksi penyimpangan, maka proses wheel alignment itu pun dilakukan. Proses wheel alignment atau pengaturan sudut chamber roda ini perlu dilakukan secara berkala agar mobil tetap stabil di jalan.

Secara umum, kinerja sistem kemudi dan sistem suspensi harus dapat memberi kestabilan dan pengendalian yang dibutuhkan bagi mobil untuk dapat melaju dan bermanuver dengan aman di jalan. Hal itu dapat diwujudkan dengan pengaturan sudut chamber roda atau mengatur sudut-sudut geometri roda sesuai rekomendasi pabrikan. Bengkel resmi memiliki data sudut roda ini dari semua mobil yang diedarkan di pasar.

Dengan pengaturan sudut chamber roda ini, beberapa manfaat bisa didapat selain memeroleh kestabilan berkendara. Seperti mencegah keausan ban yang berlebihan pada salah satu sisi tapak ban, seperti hanya di sisi dalam atau sisi luar. Dengan tingkat keausan ban yang merata, tentu ban dapat digunakan lebih lama.

Selain itu, posisi kemudi bisa segera kembali lurus setelah belok, tidak ada suara ban berdecit ketika mobil belok, mencegah kerusakan komponen suspensi dan kemudi yang terhubung dengan roda, serta menjaga kenyamanan berkendara dan konsumsi bahan bakar.

Baca juga : Rotasi Ban Mobil

Pengaturan chamber roda ini dilakukan dengan mengatur sudut kemiringan roda depan kendaraan terhadap sebuah garis vertikal yang dilihat dari arah depan. Sudut chamber roda ini terdiri dari tiga macam, yaitu sudut positif, negatif dan chamber nol.

Disebut sudut chamber positif bila kemiringan garis tengah roda bagian atas cenderung ke arah luar terhadap garis vertikal. Sedangkan disebut chamber negatif, bila kemiringan garis tengah roda bagian atas menjorok ke dalam terhadap garis vertikal bila dilihat dari arah depan. Sementara chamber nol adalah garis tengah roda sejajar dengan garis vertikal.

Lalu apa pengaruhnya sudut chamber roda positif, negatif atau nol terhadap kestabilan dan pengendalian dari mobil? Sudut chamber positif yang sesuai dapat membuat arah mobil tetap lurus walau setir dilepas, menjaga bobot memutar setir, dan mereduksi gaya geser atau ke samping. Jika sudut chamber positif diatur terlalu jauh, dapat membuat keausan ban tidak merata dan mengurangi daya cengkeram ban.

Sudut chamber negatif yang sesuai memberi daya cengkeraman ban lebih baik ketika menikung karena tapak ban menempel merata ke jalan. Dengan kata lain menjaga pengendalian mobil tetap baik saat menikung. Tapi jika sudut chamber terlalu negatif, dapat membuat keausan ban tidak merata dan setir lebih berat diputar.

Sedangkan chamber nol dapat membuat keausan ban tidak merata ketika mobil memuat beban. Tapak sisi luar dari ban akan lebih cepat aus. Memutar setir pun makin berat dan mobil berpotensi bergeser ketika menikung.

 



WordPress Video Lightbox Plugin