rem bunyi

Waspadai Rem Mobil Seret

Waspadai Rem Mobil Seret

Setelah lama mobil tidak beroperasi karena #dirumahaja, beberapa komponen mobil bisa bermasalah. Salah satu komponen yang kerap bermasalah adalah rem. Rem mobil yang lama tidak dipakai cenderung jadi seret atau menempel. Hal ini membuat roda lebih sulit untuk berputar, meski pedal rem tidak diinjak.

Seretnya rem mobil itu karena mobil yang lama diparkir atau tidak bergerak, membuat kampas rem yang berada dekat dengan cakram atau teromol berada di satu posisi terus. Sementara proses oksidasi terus terjadi yang dapat menimbulkan karat di permukaan besi. Nah, munculnya karat di celah antara kampas rem dan cakram atau teromol yang membuat rem menjadi seret.

Hal yang sama juga terjadi jika rem parkir terus diaktifkan selama mobil tidak beroperasi.  Menempelnya kampas rem dengan cakram atau teromol jadi makin kuat. Ketika pertama kali mobil dijalankan setelah lama parkir, biasanya muncul entakan atau suara berdecit dari arah roda. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan menginjak pedal rem beberapa kali sambil melaju perlahan. Dengan begitu lapisan karat akan tergerus dan roda lancar berputar kembali.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Booster Rem Mobil Rusak

Hal lain yang dapat menyebabkan rem mobil seret adalah terkena kotoran dan tidak segera dibersihkan. Umumnya, kotoran itu berupa pasir atau lumpur yang menumpuk dan menghambat putaran roda. Biasanya, kotoran itu menempel setelah berkendara di saat hujan. Air hujan yang dibiarkan juga dapat menimbulkan karat hingga ke as roda dan bearing roda. Untuk mengatasinya, selain mencuci dengan air bersih, sistem rem juga dibersihkan setiap melakukan servis berkala.

Masalah bisa makin serius, ketika rem mengunci meski sudah tidak mengaktifkan rem parkir maupun menginjak pedal rem. Pada rem cakram, masalah ini biasanya terjadi pada kaliper rem. Piston di dalam kaliper rem tidak bergerak karena ada partikel kotoran yang menghambat. Sementara pada rem teromol, masalah terletak pada silinder roda. Pastikan aliran cairan rem mencapai silinder roda tanpa hambatan. Sebaiknya untuk pemeriksaan dan reparasi sistem rem dilakukan oleh mekanik.

 



WordPress Video Lightbox Plugin