upgrade audio

Tips Upgrade Sistem Audio Mobil

Ini Cara Upgrade Sistem Audio Mobil

Ketika sistem audio standar di mobil kurang memuaskan selera, upgrade perangkat pun ditempuh. Baik upgrade audio ringan maupun menyeluruh dengan biaya tinggi. Agar tidak salah sasaran, ada beberapa tahap yang bisa ditempuh jika ingin upgrade sistem audio mobil. Tentu agar suara yang dihasilkan bisa maksimal, tetapi tidak membuat kantong jebol.

Head Unit

Dillihat fitur yang dimiliki, head unit standar mobil mayoritas sudah cukup baik. Karena umumnya sudah CD player dan menyediakan konektivitas MP3, MP4 (double DIN), AUX dan Bluetooth. Tapi, upgrade head unit standar juga bisa memberikan sumbangsih suara yang lebih baik, dengan catatan merek dari head unit memiliki kualitas lebih baik.

Terpenting, saat memilih jenis head unit single DIN atau double DIN adalah tersedia equalizer yang dapat diatur sesuai keinginan. Serta mempertimbangkan fitur tambahan untuk pengaturan suara lainnya semisal time correction atau time delay untuk suara yang lebih realistis. Sementara fitur koneksi kontrol audio dengan setir bisa menjadi kelebihan.

Speaker dan Tweeter

Umumnya, speaker standar sudah menghasilkan suara cukup baik. Tapi jika sudah mengatur equalizer dan masih kurang puas, perlu mengganti speaker. Upgrade speaker bisa dilakukan dengan mengganti speaker midrange di pintu dan menambahkan tweeter untuk suara treble lebih keluar. Untuk mengoptimalkan, jangan lupa tambahkan crossover pasif sebagai pengatur frekuensi ke tiap speaker agar suara lebih jernih.

Baca juga : Tips Mudah Merawat Head Unit Mobil

Subwoofer

Bagi penikmat audio di kabin, peran subwoofer sangat penting. Fungsi subwoofer ialah untuk menyajikan frekuensi nada rendah atau bass yang tidak bisa dijangkau speaker biasa. Baik subwoofer aktif maupun pasif. Tapi sistem audio standar jarang yang sudah dilengkapi subwoofer. Dengan menambahkan subwoofer dan power amplifier, suara akan lebih menarik.

Peredam kabin

Menambahkan peredam kabin juga langkah yang baik dalam upgrade audio. Peredam kabin ini berfungsi untuk meminimalkan suara dari luar mobil masuk dan mengoptimalkan suara audio di kabin.



WordPress Video Lightbox Plugin