Tips untuk Memonitor Oli Industri Gearbox

Tips untuk Memonitor Oli Industri Gearbox

Tips untuk Memonitor Oli Industri Gearbox

“Apa parameter utama untuk memantau oli industri ¬†gearbox? Sebuah pabrik memiliki gearbox berkecepatan sangat rendah, dan ingin memantau kondisinya untuk mendeteksi gejala kegagalan. Apakah ada hubungan antara kegagalan seal dan oli industri, seperti meningkatnya jumlah asam pada oli industri atau debris dari keausan metal?”

Sama seperti komponen mekanis lainnya, analisis oli industri dapat membantu keandalan dan waktu kerja dalam sistem roda gigi. Teknologi pemeliharaan prediktif ini adalah salah satu dari beberapa alat yang tersedia yang dapat membantu mengidentifikasi kapan gejala terkait kegagalan mulai terjadi. Saat Anda memantau kondisi oli industri terkait roda gigi, sangat penting untuk memastikan pelumas tersebut mempertahankan viskositas yang tepat, kekuatan film yang cukup, kontrol korosi, demulsibilitas, dan karakteristik stabilitas kimia.

Parameter Analisis Oli Industri Gearbox

Meskipun mungkin tampak sulit untuk mengidentifikasi tes analisis oli industri mana yang harus dilakukan, informasi tentang subjek ini sering kali dapat diperoleh dengan menghubungi lab analisis, meninjau sumber referensi online, dan berpartisipasi dalam pelatihan khusus teknologi.

Untuk roda gigi, uji standar harus mencakup viskositas, kelembaban, analisis unsur, jumlah partikel, kerapatan besi, oksidasi dan/atau TAN. Pengecualian tes untuk dilakukan ketika progresi kegagalan oli industri atau mesin dicurigai akan melibatkan analisis ferrografi, tes EP dan karakterisasi oli dengan FTIR. Tes yang tepat dapat bervariasi berdasarkan jenis penggerak roda gigi dan metode pelumasan, tetapi sebagian besar aplikasi akan terkait erat.

Kekhawatiran Seal

Seal mekanis seringkali merupakan bagian integral dari suatu komponen atau sistem. Jika mereka tidak dipertimbangkan saat perubahan dilakukan pada sistem, kebocoran, kegagalan, atau downtime dapat terjadi.

Kontaminasi, baik dari sumber eksternal maupun internal, merupakan masalah yang signifikan dengan seal. Di antara parameter yang terkait dengan kontaminasi yang menjadi tren dalam laporan analisis oli adalah jumlah partikel dan kode ISO Cleanliness. Jika hasil sampel meningkat terus-menerus dalam jumlah partikel dan tingkat bahan besi yang rendah, ini dapat menyebabkan kerusakan seal.

Baca Juga :Penyebab Oli Mesin Mengalami Degradasi

Viskositas adalah sifat penting dari pelumas apa pun, namun sering diabaikan dengan seal gearbox. Parameter ini penting karena oli industri harus cukup kental untuk mempertahankan ketebalan film yang tepat antara dua permukaan tetapi cukup tipis untuk mengalir di antara permukaan gigi. Jika viskositas turun dari kisaran yang ditentukan, kemungkinan kontaminasi internal karena keausan roda gigi. Seperti disebutkan di atas, jenis kontaminasi ini dapat menyebabkan degradasi seal.

Akhirnya, meskipun secara teknis bukan merupakan parameter uji analisis oli, suhu adalah aspek kunci lain yang harus diperhitungkan dengan seal. Saat suhu oli mulai naik, tidak hanya secara drastis mempengaruhi masa pakai oli tetapi juga berdampak pada penuaan seal.