motor doff

Tips Perawatan Cat Doff Motor

Ini Cara Merawat Cat Doff Motor

Tidak sedikit pengguna motor yang memilih cat bodi motornya doff atau matte. Bisa karena ingin tampil beda atau terlihat lebih elegan. Tapi tidak sedikit pemilik motor dengan cat doff salah dalam melakukan perawatan. Semisal, selain mencuci motor dengan rutin, sesekali bodi motor dipoles layaknya cat metalik.

Padahal karakter cat doff berbeda dengan cat metalik. Karena berbeda, ketika motor dengan cat doff dipoles, bodi motor bisa berubah dari doff jadi glossy (mengilap). Tentu hal ini perlu dihindari agar penampilan motor tidak berubah. Selain itu, warna doff juga bisa terlihat memudar dan kusam jika sering terjemur matahari. Jadi, merawat bodi motor berwarna doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu perhatian lebih.

Untuk mencuci motor dengan cat doff, hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen karena memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibandingkan motor dengan cat jenis metalik. Karena umumnya, cat doff tidak terlapisi pernis sehingga memang mudah pudar. Sebaiknya pilih sabun yang memiliki pH Netral, seperti sampo khusus kendaraan.

Baca Juga : Tips Mengilapkan Bodi Motor Yang Kusam

Penggunaan alat pembersih juga perlu perhatian. Gunakan kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci agar tidak menimbulkan baret di bodi motor. Karena jika bodi baret akibat bergesekan dengan kotoran yang keras, justru terlihat mengilap. Hindari pula mencuci motor di bawah sinar matahari langsung, agar cat tidak lekas pudar.

Namun, ketika bodi motor ada noda atau bercak, untuk membersihkannya bisa menggunakan waterspot remover. Dengan menyemprotkan cairan itu, seka bodi motor secara perlahan dan butuh sedikit penekanan hingga noda hilang.

Sedangkan jika bodi motor sudah mengalami baret, tidak bisa dipoles seperti halnya pada cat metalik. Solusinya adalah dengan pengecatan ulang atau mengganti panel bodi. Pengecatan juga tidak bisa hanya pada area yang baret melainkan satu panel agar tidak terlihat perbedaan warna.

Sementara untuk baret halus, pemolesan bisa dilakukan. Tapi hindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengilap. Sebaiknya gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air (water based).



WordPress Video Lightbox Plugin