bodi motor

Tips Mengilapkan Bodi Motor Yang Kusam

Bodi Motor Kusam? Ini Cara Mengilapkannya

Selalu tampil bersih merupakan modal awal agar penampilan motor selalu apik. Biasanya pemilik motor mencuci secara rutin merasa cukup untuk menjaga penampilan motor bersih selalu. Nyatanya tidak, karena sejalan pemakaian motor, bodinya perlahan mulai tampak kotoran-kotoran yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan mencucinya dengan air. Jika hal ini lama dibiarkan, bodi motor pun bisa kusam.

Kalau bodi motor kusam, penampilan pun jadi berkurang. Jadi perlu dikilapkan kembali. Simak cara efektif untuk menjaga bodi motor agar tidak kusam dan berkilap kembali.

Multi Purpose Cleaner

Cairan ini berguna untuk membersihkan dan melarutkan kotoran-kotoran yang tidak bisa dibersihkan saat mencuci motor. Seperti noda aspal dan kotoran binatang yang hinggap di bodi. Aplikasinya pun mudah, tinggal menyemprotkan cairan multi purpose cleaner ke bodi dan mengusapnya dengan kain. Namun ingat, gunakan kain yang memiliki serat lembut, disarankan menggunakan kain microfiber.

Compound Polish

Compound polish merupakan cara untuk mengikis pernis yang merupakan lapisan paling luar pada cat di bodi. Mengikis lapisan pernih bertujuan untuk mengilap area yang kusam dan meratakan permukaan yang tidak rata (baret-baret halus).

Baca Juga : Perawatan Motor Setelah Terguyur Hujan

Disarankan ketika melakukan compound polish menggunakan mesin polish, agar proses pengikisan pernis lebih merata. Perlu diingat adalah lakukan dengan hati-hati, hindari sampai mengikis lapisan pernis terlalu dalam sehingga menghilangkan lapisannya.

Wax Polish

Ini merupakan metode terakhir yang bertujuan untuk mengilapkan cat bodi motor. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk melapisi cat agar kotoran tidak mudah hinggap pada bodi motor.

Untuk penggunaan wax cukup menggunakan tangan (tidak menggunakan mesin polish) dan kain microfiber. Karena tidak perlu putaran tinggi untuk aplikasinya. Sebaiknya proses ini dilakukan minimal 6 bulan sekali dan maksimal 1 tahun sekali.



WordPress Video Lightbox Plugin