Cari Kami

Tips Merawat Mobil Diesel Dengan Mudah dan Tepat

Mungkin Anda sudah mengetahui apa itu mobil dengan mesin diesel, iya mobil ada yang memiliki beberapa jenis mesin salah satunya adalah diesel. Perawatan mobil diesel sedikit berbeda dengan mobil bensin. Saat ini kendaraan roda empat dengan mesin diesel semakin digemari oleh banyak orang. Karena harganya yang bervariasi dan cukup terjangkau membuat daya tarik tersendiri. Jika dulu mesin diesel hanya digunakan pada kendaraan-kendaraan besar seperti Truk. Saat ini banyak perusahaan produsen mobil mengembangkan mobil mesin diesel yang di fasilitasi dengan berbagi teknologi yang dapat menunjang kenyamanan berkendara Anda.

Meskipun dikenal sebagai mesin yang cukup tangguh namun nyatanya mesin diesel memerlukan perawatan pula. Untuk masalah perawatan, jelas mobil bermesin diesel memiliki perawatan yang berbeda daripada mobil pada umumnya. Bagi sebagian orang, perawatan mesin diesel dianggap susah dan menghabiskan biaya yang cukup banyak, namun pada kenyataannya tidak seperti itu. Bahkan mobil mesin diesel bila digunakan untuk jarak yang jauh akan semakin bertenaga dan juga irit.
Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil diesel Anda antara lain :

  1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin kendaraan kurang lebih 10 menit akan memberikan pelumasan pada komponen mesin mobil. Selain itu memanaskan mesin mobil selama 10 menit juga akan mencegah terjadinya kaget pada komponen mesin yang bergesekan. Namun jangan terlalu lama karena dapat berakibat buruk salah satunya yaitu pembuangan gas buang dari knalpot dapat membahayakan kesehatan.

  1. Ganti Filter Solar Secara Rutin

Mengganti filter solar secara berkala atau rutin bisa mencegah banyaknya kotoran yang masuk ke dalam mesin diesel mobil. Karena itu, bersihkan mesin mobil secara teratur supaya kinerja mesin tetap baik dan terhindar dari kerusakan. Karena bisa menjaga supaya mesin mobil tetap awet. Gantilah filter solar Anda jika saringan bahan bakar di dashboard menyala, hal ini menAndakan adanya kotoran atau air yang menyumbat saringan bahan bakar. Sehingga bila tidak segera Anda bersihkan makan kemungkinan kotoran atau air tersebut dapat masuk ke sistem bahan bakar mesin dan dapat menyebabkan mesin diesel tidak dapat bekerja dengan sempurna bahkan dapat mogok.Perhatikan tangki solar mesin diesel Anda jangan sampai tangki kehabisan bahan bakar solar.

  1. Menggunakan Oli Mesin yang Sesuai Dengan Jenis Diesel


Supaya kinerja diesel baik, sebaiknya gunakan oli mesin sesuai dengan mesin diesel yang dipakai pada mobil. Karena oli yang digunakan pada diesel juga akan mempengaruhi kinerjanya, jadi pilihlah yang tepat. Salah satunya adalah oli deltalube, Deltalube Adventure menawarkan dua varian oli yaitu Ultra dan Super. Deltalube Adventure Ultra cocok digunakan untuk mendukung kerja mesin diesel saat berada dalam kondisi ekstrem karena diformulasikan untuk melindungi mesin dari panas yang berlebihan dan diklaim menjaga performa mesin saat perjalanan jauh. Deltalube Adventure Ultra tersedia dalam tipe SAE 15W-40. Sedangkan jenis Adventure Super cocok digunakan untuk jenis mesin bensin. Deltalube Adventure Super tersedia dalam tipe 731 SAE 20W-50.

  1. Sering Membersihkan Filter Udara

Udara yang bersih dapat membuat proses bahan pembakaran menjadi sempurna dan peforma mesin menjadi maksimal serta dapat mengefisienkan penggunaan bahan bakar. Ukuran pori pori pada filter udara mesin diesel hanya mencapai 50-60 mikron dan dengan ukuran yang seperti itu debu dan kotoran dapat masuk kedalamnya. Yang perlu Anda ketahui adalah debu merupakan musuh utama dari mesin diesel.
Debu yang masuk ke dalam mesin akan menyebabkan mesin akan cepat aus karena debu menjadi bahan pengasah antar silinder dengan ring piston.

  1. Jangan Langsung Mematikan Mesin

Jangan pernah mematikan mobil mesin diesel Anda secara langsung ketika selesai Anda gunakan. Setidaknya biarkan mesin tetap menyala selama 5 menit kemudian Anda dapat mematikannya. Mematikan mesin mobil secara langsung dapat menyebabkan mesin stress sehingga mengurangi umur dari penggunaan mesin diesel sendiri.
Hal ini dikarenakan Anda tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai saat mobil sedang digunakan. Selain itu jika mesin langsung mati, maka otomatis suplai oli akan terhenti dan pendinginan juga akan berhenti.

  1. Lakukan Beberapa Perbaikan

Lakukan perbaikan injection pump di bengkel-bengkel resmi khusus untuk jenis mobil mesin diesel. Apabila terjadi kerusakan parah pada injection pump Anda harus segera memperbaikinya. Apabila Anda harus mengganti spare part pada mesin mobil Anda. Pastikan hanya memakai spare part asli yang direkomendasikan untuk mesin mobil Anda. Anda dapat mencarinya di bengkel-bengkel resmi merk mobil Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin