Tips Membeli Mobil Bekas Yang Masih Bagus - oli mobil

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Sumber gambar : carfreecalculator

Mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi mayoritas orang. Hal ini didukung dengan fungsi mobil sebagai transportasi yang membantu Anda untuk sampai ke tujuan, sehingga banyak orang yang ingin membeli kendaraan tersebut. Namun di Indonesia sendiri, untuk membeli sebuah mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama dalam hal membeli mobil baru. Maka dari itu, sebagian orang lebih memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Mobil bekas bisa menjadi pilihan yang efisien bagi Anda, karena sebenarnya banyak mobil bekas yang masih layak pakai dan dapat dibeli dengan harga terjangkau. Akan tetapi, kembali lagi pada kondisi di mana banyak orang yang kecewa dengan mobil bekas pilihannya. Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang menjual mobil bekas dengan kualitas yang buruk tetapi dengan harga yang rendah.  Selain itu, kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai bagaimana cara memilih kondisi mobil yang bagus, terkadang membuat orang salah membeli mobil bekas.

Padahal mobil-mobil tersebut bisa saja berasal dari mobil bekas yang sudah terkena banjir, bekas tabrakan, bahkan yang lebih parah adalah dokumen-dokumen palsu. Bayangkan seberapa rugi dan bahayanya jika Anda membeli mobil dengan kondisi tersebut. Anda sudah mengeluarkan uang banyak tetapi mobil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Ditambah lagi dengan banyaknya salon mobil, bengkel yang sudah semakin canggih dapat memoles mobil bekas yang buruk menjadi lebih mulus. Seperti kasus yang sering terjadi di kota Jakarta adalah membeli mobil bekas yang pernah terendam banjir. Hal ini mengakibatkan komponen-komponen listrik yang berpeluang konslet akibat terendam banjir, sehingga akan sangat merugikan pembeli.

Oleh karena itu, sebelum membeli mobil bekas, pastikan Anda mencermati 5 tips untuk membeli mobil bekas dengan kondisi yang masih bagus:

  1. Jangan mudah percaya dengan harga murah

Biasanya dealer mobil bekas akan menjual mobil bekas dengan harga yang murah. Biasanya mobil bekas tersebut memiliki berbagai masalah. Sedangkan orang yang tidak mengerti cenderung akan membeli mobil tersebut karena tergiur dengan harga yang murah dan kondisi eksternal yang bagus. Namun pada kenyataannya belum tentu kondisi mesinnya juga sebagus yang terlihat.

  1. Beli di tempat yang terpercaya

Ketika membeli mobil bekas, jangan membeli mobil di sembarang tempat atau tempat-tempat penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Sangat disarankan Anda membeli mobil yang memang dijual melalui tempat yang terpercaya dan resmi. Biasanya penjual resmi hanya menyediakan mobil bekas dengan kualitas yang masih baik, serta memberikan garansi pembelian.

  1. Jangan tergesa-gesa membuat keputusan

Saat Anda sudah menemukan mobil yang cocok di satu tempat, jangan terburu-buru untuk membelinya. Sebaiknya Anda bisa cek di tempat lain terlebih dahulu yang memiliki spek mobil serupa dengan harga yang lebih rendah.

  1. Cek kondisi mesin dan bodi

Mobil yang Anda beli sebaiknya dicek secara teliti, apakah komponen-komponen mobil seperti bagian mesin dan bodi ada yang aneh atau tidak. Jika perlu Anda bisa membawa kenalan yang mengerti dan paham betul soal mobil, sehingga Anda tidak akan merasa rugi saat membelinya.

  1.  Cek dokumen kendaraan

Anda harus sangat wasapada saat mengecek surat-surat penting mobil bekas, karena banyak sekali kejadian-kejadian surat palsu, sehingga ada baiknya untuk mengecek dengan teliti STNK, BPKB dan surat-surat penting lainnya. Jika perlu sebelum membeli, fotokopi surat-surat tersebut dan lakukan pengecekan di POLDA terdekat.

Baca juga : PENGARUH WARNA BODI MOBIL TERHADAP SUHU KABIN

 

 



WordPress Video Lightbox Plugin