Pengaruh Warna Bodi Mobil Terhadap Suhu Kabin

Pengaruh Warna Bodi Mobil Terhadap Suhu Kabin

Ketika Anda ingin membeli sebuah mobil, hal apakah yang pertama kali Anda lihat? Kebanyakan orang pasti melihat eksterior mobil seperti warna mobil. Preferensi orang terhadap pililhan warna tentunya berbeda-beda. Ada yang menyukai warna gelap seperti hitam, abu-abu yang terkesan lebih elegan, ataupun ada juga yang lebih menyukai warna-warna terang seperti putih yang terkesan bersih dan rapi. Tetapi apakah Anda tahu bahwa pilihan warna memiliki efek pada mobil Anda?

Efek yang dapat ditimbulkan dari sebuah warna mobil adalah suhu di dalam kabin yang terpapar langsung dengan sinar matahari. Mungkin sebagian dari Anda pernah merasakan suhu di dalam mobil yang sangat panas setelah lama diparkir diluar ruangan dan terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh warna kendaraan Anda. Kendaraan dengan warna gelap seperti hitam akan sangat mudah menyerap panas ketika terpapar langsung dengan sinar matahari.

Menurut sebuah penelitian, ketika mobil-mobil yang berbeda warna dijajarkan dan dihadapkan ke arah matahari, warna hitam menduduki posisi pertama sebagai warna yang menyerap panas dan menghasilkan peningkatan suhu kabin yang paling tinggi. Kemudian disusul dengan warna biru, merah dan warna silver menjadi warna-warna yang cenderung menyerap panas lebih banyak.

Warna kendaraan ini menjadi berpengaruh karena suhu tinggi pada kabin akan memberikan efek negatif. Ketika suhu di dalam kabin meningkat, maka kerja AC sebagai penyejuk udara akan semakin berat. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Tidak hanya itu, penggunaan jok lapis kulit juga menjadi penyebab suhu kabin meningkat karena bahan kulit yang menyerap panas. Perangkat elektronik seperti audio, laptop, ponsel yang diletakkan di dalam mobil berpotensi rusak karena panasnya suhu di dalam.

Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk membeli warna mobil yang lebih terang seperti putih, karena warna putih terbukti dapat memantulkan panas cahaya matahari lebih baik dan juga mempercepat proses pendinginan. Namun informasi ini hanya memberikan masukkan bagi Anda yang ingin membeli mobil. Jadi jika  Anda tidak menyukai warna terang, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan peredam panas yang banyak dijual di pasaran untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam mobil, terutama pada saat memarkirkan mobil di tempat panas.



WordPress Video Lightbox Plugin