Cari Kami

Tips dan Trik Perawatan Motor Lawas Agar Tetap Nyaman Digunakan

Untuk kebanyakan orang memiliki dan menggunakan sepeda motor keluaran tahun lama atau lawas merupakan kegiatan yang menyita banyak waktu karena sulit, bahkan ongkos perawatannya pun dianggap mahal. Padahal sejatinya tidak demikian, karena perawatannya cukup mudah. Namun demikian, tidak sedikit pula yang tetap tertarik yang mengoleksi dan menggunakan motor-motor lawas tersebut. Baik sebagai kendaraan  harian maupun sekedar sebagai hobi. Merawat motor lawas sendiri tidak sulit, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kondisi motor Anda tetap nyaman digunakan. Salah satunya adalah pemilihan oli mesin yang tepat. Karena Kita tahu bahwa oli mesin memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan motor Anda. Dipasaran banyak oli mesin yang sudah beredar, tapi untuk motor lawas Anda harus berhati-hati memilih oli mesin yang tepat. Jangan sampai memilih oli mesin yang justru tidak cocok untuk motor lawas Anda. Salah satu produsen oli mesin, deltalube mengeluarkan oli mesin yang memang diperuntukkan untuk motor lawas. Oli mesin ini akan Kami bahas pula di artikel ini.

Merawat motor lawas memang memiliki perawatan khusus dibanding dengan motor keluaran baru. Baik dari perawatan mesin maupun bodinya. Jika tidak, seringkali mesin motor berisik saat panas. Namun hal yang membuat lebih menarik dan bangga, apabila Anda mempunyai motor lawas yang dianggap barang antik karena sudah menjadi barang langka.

Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor lawas antara lain :

  • Melakukan Service Secara Berkala

Tidak jauh berbeda dengan sepeda motor pada umumnya, perawatan yang bisa Anda lakukan pada motor lawas Anda adalah dengan melakukan service secara berkala. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memantau keadaan atau kondisi motor lawas Anda secara keseluruhan dan secara rutin. Sebagai contoh seperti halnya rem cakram motor atau pun sekring motor kondisinya masih baik atau tidak.

  • Pastikan Motor Anda Selalu Bersih

Tips berikutnya yang tergolong sangat penting namun sederhana adalah Anda harus memastikan kondisi motor Anda dalam keadaan yang bersih. Pada saat Anda selesai menggunakannya pastikan mencucinya agar tidak terjadi karatan pada komponen motor lawas kesayangan Anda. Jangan lupa membersihkan komponen mesin, Anda bisa membongkar beberapa part agar bisa membersihkan dengan maksimal.

  • Bersihkan Karburator Secara Rutin

Kebanyakan motor lawas menggunakan karburator sebagai sistem mesinnya. Karburator yang kotor nantinya akan menyebabkan masalah ketika sedang terjadi pembakaran di dalam mesin. Akibatnya, konsumsi bahan bakar akan lebih boros dibanding sebelumya. Jika Anda tidak bisa membersihkan sendiri Anda bisa membawanya ke bengkel langganan Anda.

  • Cek Kondisi Aki dan Busi

Aki dan busi adalah hal yang penting pada motor, karena kelistrikan yang ada pada motor ditenagai olehnya. Cek lah aki motor Anda, cobalah melakukan double starter. Jika tidak bisa, berarti kekuatan aki motor Anda sudah melemah. Sedangkan untuk mengecek busi bisa melakukan tes lapangan terlebih dahulu. Anda juga bisa mengecek spedometer Anda, bila melebihi 10.000 KM lebih baik langsung Anda ganti dengan yang baru.

    • Mengganti Oli Secara Berkala


Motor lawas berbeda dengan motor keluaran baru, karena itu Anda harus mengerti oli motor apa yang cocok untuk motor lawas kesayangan Anda. Untuk oli gantilah rutin setiap  bulan meski tidak digunakan. Adapun oli yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah oli yang disediakan oleh Deltalube. Oli Deltalube Adventure Super sangat cocok untuk motor lawas Anda.

Oli Deltalube Adventure 731 Super SAE 20W50 diformulasikan untuk kebutuhan mesin kendaraan pribadi, mesin modifikasi,dan heavy duty diesel. Pelumas ini mampu memaksimalkan performa mesin putaran tinggi yang bekerja tanpa batas.

Deltalube Adventure diformulasikan dengan zat aditif khusus untuk menjaga daya tahan dan mengoptimasi performa mesin bertenaga besar dalam kondisi ekstrim. Formulasi Deltalube Adventure Super bekerja maksimal pada mesin bensin dan mesin modifikasi yang membutuhkan pelumas khusus agar dapat menerjang berbagai rintangan tanpa masalah. Dengan masa penggantian setiap 13.000 km sampai 16.000 km, Deltalube mengutamakan kenyamanan berkendara untuk setiap situasi. Semua bahan yang digunakan telah melampaui standar API SERVICE SL/CF-4 untuk mobil dan API SERVICE SL untuk motor.

Keunggulan Deltalube Adventure Super bagi motor lawas Anda :

  • Bekerja maksimal pada mesin kendaraan modifikasi, mesin bensin dengan kinerja tinggi, dan heavy duty diesel
  • Menjaga performa mesin dalam kondisi ekstrim
  • Menjaga temperatur mesin untuk daya tahan maksimal
  • Melekat pada bagian mesin untuk mencegah keausan
  • Melindungi mesin dari korosi dan endapan karbon

 

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kondisi motor lawas Anda agar tetap prima dan nyaman saat digunakan. Pemilihan oli yang tepat juga menjadi hal penting dalam perawatan motor lawas Anda. Gunakan oli Deltalube Adventure Super yang mampu memaksimalkan kenyamanan mesin motor lawas Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin