Ternyata Hal Ini yang Membuat AC Mobil Bau Tak Sedap

Ternyata Hal Ini yang Membuat AC Mobil Bau Tak Sedap

Ternyata Hal Ini yang Membuat AC Mobil Bau Tak Sedap

Di negara tropis seperti Indonesia, fungsi Air Conditioner (AC) bisa dibilang sangat penting. Bukan cuma untuk ruangan rumah atau kantor, mobil yang sehari-hari dipakai juga harus memiliki pendingin agar penumpang terasa nyaman.

Bukan tidak mungkin AC mobil yang sangat kita andalkan mengalami masalah akibat umur pakai yang sudah Panjang. Salah satunya adalah berhembus bau tak sedap saat AC mobil dinyalakan. Sejatinya, bila terjadi suatu masalah pada AC mobil menandakan bahwa AC mobil tidak dalam kondisi ideal. Khusus untuk masalah di atas, memang bisa beragam penyebabnya.

Penyebab yang paling sering ditemukan adalah evaporator yang kotor atau bocor. Evaporator yang kotor disertakan dengan lendir bisa menimbulkan jamur dan bakteri di dalamnya. Jadi bila sudah berlangsung lama, tinggal tunggu waktu bau tak sedap akan datang.

Evaporator juga bisa mengalami kebocoran dan bukan tidak mungkin juga dapat menimbulakan bau. Namun yang timbul adalah bau freon. Semakin besar kebocoran, maka bau yang ditimbulkan akan semakin terasa.

Untuk mengatasi masalah yang ditimbulakan evaporator bisa dilakukan servis AC secara rutin. Hal ini sangat berguna untuk memantau kondisi komponen AC yang harus mendapat perawatan. Manfaat lainnya, mencegah kerusakan komponen yang bisa berujung pada pengeluaran biaya yang besar karena ada komponen yang perlu diganti.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Berikutnya adalah asap rokok.

Bagi perokok aktif di dalam mobil, jangan heran bila AC mobil jadi bau tak sedap. Bisa dipastikan jejak bau rokok akan menempel pada jok, plafon dan karpet mobil. Terlebih pada mobil yang memakai material kain. Untuk kasus ini tak ada yang bisa dilakukan selain tidak merokok di dalam kabin mobil.

Pewangi mobil yang diaplikasi secara berlebihan juga berpotensi menimbulkan bau tak sedap. Kadar alkohol yang tinggi bisa membuat AC mengeluarkan bau asam. Untuk menghidari hal ini, bisa memilih pewangi kabin yang tidak memiliki kadar alkohol yang terlalu tinggi. Tentunya mengarah pada pewangi yang punya kualitas baik. Pakailah pewangi mobil sewajarnya alias tidak berlebihan dan sesuai dengan selera Anda.



WordPress Video Lightbox Plugin