Cari Kami
filter oli

Seberapa Penting Filter Oli Mesin ?

Filter Oli Mesin

Banyak pemilik mobil yang belum memahami kenapa filter oli mesin memiliki peran sangat penting. Menggunakan oli mesin berkualitas memang meningkatkan kualitas pelumasan mesin. Tapi di sisi lain, sistem pelumasan mesin memerlukan filter agar oli mesin berkualitas itu dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik hingga waktu pemakaian tertentu.

Sesuai namanya, filter oli mesin ini bertugas untuk menyaring berbagai kotoran sehingga pelumasan komponen dapat berlangsung dengan oli mesin yang bersih. Kotoran yang disaring ini bisa berupa jelaga, karbon, dan serpihan logam komponen internal mesin. Semua kotoran itu ikut di dalam oli mesin dan bersirkulasi.

Serpihan logam bisa terlepas dari berbagai komponen akibat gesekan ketika mesin bekerja. Jika serpihan logam ini terus bersirkulasi bersama oli mesin, bisa menggerus permukaan logam komponen dan menghasilkan serpihan logam yang baru. Filter oli yang berkualitas dapat mencegah erosi permukaan komponen itu. Filter oli ini dapat membersihkan oli mesin yang melewatinya dan menyaring kontaminan yang bersifat abrasif sehingga tidak merusak komponen mesin lainnya.

Sisi luar dari filter oli berbentuk seperti tabung dan memiliki paking di bibir tabung yang dapat membuatnya terpasang dengan rapat di mesin. Sisi permukaan yang menghadap ke mesin dilengkapi dengan beberapa lubang. Satu lubang besar di tengah dan beberapa lubang kecil di sekeliling lubang besar itu.

Di dalam filter oli terdapat material penyaring, ada produk filter oli yang menggunakan kain kasa, bahan sintetis, logam atau kertas. Material penyaring ini didesain untuk menangkap berbagai kotoran hingga berukuran 10-20 micron, tapi masih dapat dialiri oli mesin.

Baca juga : Macam macam filter oli

Pompa oli akan memompa oli mesin yang kotor menuju filter oli dan masuk melalui beberapa lubang-lubang kecil. Setelah melewati material penyaring, oli mesin yang sudah bersih akan kembali ke ruang dalam mesin melalui lubang tengah. Sementara semua kotoran yang sudah tersaring akan tetap tinggal di dalam filter oli.

Filter oli juga dilengkapi mekanisme safety berupa katup bypass. Ketika filter oli sudah sangat kotor dan terlalu banyak kotoran yang terperangkap di material penyaring maka katup bypass itu akan terbuka. Sehingga mesin tetap dapat suplai oli mesin secara konstan untuk pelumasan. Tapi masalahnya adalah oli mesin yang bersirkulasi itu sudah tidak tersaring lagi.

Makanya meski dimensinya kecil tapi peran filter oli mesin ini sangat penting untuk melindungi mesin dari keausan dini. Sangat penting pula, untuk mengganti filter oli mesin secara berkala maupun menggunakan filter oli yang berkualitas. Soalnya, konstruksi ruang dalam filter memiliki efek besar bagi daya tahan mesin.

Ada yang memberi saran penggantian filter oli ini dilakukan setiap 10.000 km atau diganti setiap dua kali ganti oli mesin. Tapi ada juga memberi saran untuk mengganti filter oli setiap ganti oli mesin. Hal ini karena harga filter oli yang relatif terjangkau dan banyak manfaat yang bisa didapat dengan menjaga kebersihan oli mesin.

Seperti komponen internal mesin terus terlumasi oleh oli mesin yang bersih. Oli mesin pun dapat menjalankan berbagai fungsi yang dikandungnya. Sehingga dapat mengoptimalkan performa mesin, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang terjaga serta memperpanjang usia pakai mesin.



WordPress Video Lightbox Plugin