Cari Kami

Macam Macam Filter Oli

Anda pasti sudah mengetahui, bahwa mobil dan motor yang Anda miliki membutuhkan oli untuk melumasi komponen dalam mesin. Tujuannya untuk meminimalisir gesekan antar komponen, sehingga mesin bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Oleh karena itu, untuk menjamin pelumas atau oli tetap terjaga kebersihannya, maka dibutuhkan filter oli atau saringan untuk menyaring kotoran tersebut agar tidak bercampur dengan oli mesin kendaraan Anda. Filter oli sendiri memiliki berbagai macam jenis , untuk mobil dan motor memiliki jenis dan jumlah yang berbeda.

Pada mobil, filter oli memiliki peran yang sangat penting. Filter berfungsi untuk memastikan Mobil Anda mampu bekerja dengan maksimal saat dikendarai, termasuk untuk perjalanan jauh. Filter oli pada mobil ukurannya mengikuti ukuran mesin mobil dan jumlah pemakain oli yang digunakan. Semakin besar mesin dan konsumsi oli mesin maka semakin besar ukuran filter tersebut, dan sebaliknya semakin kecil mesin mobil maka semakin kecil pula ukuran filter oli mobil. Meski begitu, ukuran filter bergantung pada besar kecilnya mesin. Karena mobil Honda memiliki satu ukuran filter mulai dari yang 1.400 cc hingga 2.400 cc ukurannya sama.

Sedangkan pada motor, filter oli yang beredar dipasaran memiliki 3 jenis filter :

  1. Filter Oli Kertas
  2. Macam Macam Filter Oli

    Tipe ini bisa menyaring kotoran dengan baik karena pori-pori kertas sifatnya rapat. Filter oli ini adalah filter oli paling mudah kita temui. Biasanya filter oli dengan bahan kertas digunakan untuk motor kapasitas kecil (tetapi tidak hanya pada motor kecil saja). Filter oli ini memiliki durabilitas yang paling rendah dibadingkan dengan filter oli jenis lainnya. Filter ini tertanan di dalam mesin.

  3. Filter Oli Tabung
  4. Macam Macam Filter Oli

    Sebenarnya isi dari filter oli ini adalah sama, yaitu kertas. Hanya saja tambah cover alumunium dan bentuknya seperti tabung. Biasanya digunakan untuk motor diatas 250 cc.

    Filter oli jenis ini juga sering digunakan pada mobil. Pemasangannya biasanya tidak di dalam mesin. Tapi terkespose diluar mesin sehingga dalam proses penggantiannya jad lebih mudah. Untuk durabilitas filter oli tabung sama dengan filter oli kertas.

  5. Filter Oli Stainless Steel
  6. Macam Macam Filter Oli

    Filter Oli stainless steel memiliki durabilitas yang paling tinggi diantara kedua jenis filter oli laiinya. Jika filter ini kotor kita tidak harus menggantinya. Filter ini juga bisa dibersihkan menggunakan bensin atau sejenisnya. Jadi bisa lebih menghemat pengeluaran. Bahkan kalau mau bisa dipakai seumur hidup asal mau membersihkannya. Tapi, memang untuk harga filter ini  lebih mahal dibandingkan filter lainnya.



WordPress Video Lightbox Plugin