rawat bearing

Rawat Bearing Roda Agar Tetap Bekerja Baik

Rawat Bearing Roda Agar Tetap Bekerja Baik

Salah satu komponen yang membuat gerakan kendaraan menjadi lebih mulus adalah bearing roda. Pelumasan bearing secara sistem terbagi menjadi 2 bagian yaitu bearing yang dilumasi oleh gemuk pelumas (grease) seperti bearing roda, serta bearing yang dilumasi langsung oleh oli misal bearing kruk as pada mesin. Bearing di dalam mesin tidak akan dibahas karena tidak membutuhkan perawatan. Berbeda dengan bearing roda.

Mengapa bearing roda perlu perawatan? Sebab bearing roda memiliki peran amat vital serta menentukan keseimbangan laju kendaraan itu. Tapi perawatannya kerap terlupakan. Nah, ada cara untuk merawat bearing roda agar tetap bekerja dengan baik dan tahan lama.

Sewaktu memasang bearing baru, usahakanlah untuk jangan mengelap gemuk pelumas yang terdapat pada bearing. Karena gemuk pelumas ini yang terdapat pada bearing baru telah diformulasikan khusus untuk bearing.

Tidak perlu menambahkan gemuk pelumas secara berlebihan. Karena penambahan gemuk pelumas secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan gemuk lumas. Serta lama kelamaan gemuk pelumas dapat mengundang kotoran untuk masuk ke dalam bearing.

Baca Juga : Bahaya Bearing Roda Mobil Rusak

Hindari membuka kedua penutup bearing. Jika hendak menambahkan gemuk pelumas, usahakan membuka penutup bearing pada satu sisi saja. Pasang bearing yang sudah terbuka penutupnya menghadap ke dalam supaya apabila terjadi hujan, maka air hujan yang mengandung asam tidak bisa masuk ke bearing.

Ketika sedang berkendara usahakan seminimal mungkin untuk tidak melintasi jalan bergelombang sebab dapat mempercepat umur pakai bearing roda.

Jika pada salah satu bearing mengalami kerusakan maka ganti bearing secara bersamaan pada kedua sisi roda.



WordPress Video Lightbox Plugin