bearing roda

Bahaya Bearing Roda Mobil Rusak

Ini Dampaknya Jika Bearing Roda Mobil Rusak

Setiap bearing memiliki usia pakai. Salah satu indikasi bearing roda sudah mulai aus adalah muncul suara dengung dari arah roda ketika mobil berjalan. Suara dengung itu disebabkan munculnya celah antara as roda dengan bearing roda. Semakin tinggi kecepatan mobil, maka bunyi dengung semakin keras. Seharusnya as roda dan bearing tidak bercelah. Jadi meski melewati jalan rusak pun, roda tidak mengeluarkan bunyi.

Lalu apa dampak yang mungkin ditimbulkan jika bearing roda sudah aus? Salah satunya adalah setir jadi kurang stabil dan muncul getaran. Terlebih ketika melewati jalan tidak rata. Karena bearing ini termasuk pada sistem kemudi, ketika sudah aus dapat membuat roda sedikit goyang.

Selain membuat berkendara tidak nyaman, bearing roda aus juga membuat permukaan tapak ban aus tidak merata. Berlangsung lama, bisa membuat posisi ban pada permukaan jalan tidak menapak sempurna. Hal itu bisa membuat setir seperti tertarik ke sisi kiri atau kanan saat berkendara.

Memaksakan berkendara dengan bearing roda aus bisa menyebabkan komponen lain gagal bekerja. Seperti teromol atau cakram rem. Salah satu akibat bearing roda yang goyang adalah meningkatkan suhu pada area bearing. Teromol atau cakram rem juga mengalami peningkatan suhu begitu pula di area kaliper.

Baca Juga : Penyebab Roda Depan Mengeluarkan Bunyi

Dalam kondisi normal, rem sudah bekerja dalam kondisi panas. Tapi ketika peningkatan suhu itu ditambah panas dari bearing maka suhu kerja remnya semakin tinggi. Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, rem blong atau rem macet akibat sepatu rem lengket.

Kerusakan komponen lain pun bisa terjadi seperti as roda patah. Ketika bearing roda goyang dan ada celah antara as roda dan bearing, maka putaran as roda tidak center atau turut goyang. Meski material as roda tangguh, tapi penggunaan yang lama bisa membuat as roda mengalami defleksi berlebih atau bengkok hingga patah. Tentu hal itu berakibat fatal. Mobil langsung tidak lagi bisa dikendalikan.

Disarankan ketika merasakan adanya suara dengung pada roda mobil, segera periksakan di bengkel. Karena bisa jadi bearing roda hanya kering dan perlu diberi gemuk pelumas. Tapi jika sudah ada kerusakan, maka bearing perlu segera diganti.