Perbedaan Turbocarger dan Supercharger

Apakah Anda pernah mendengar istilah turbocharger ataupun supercharger? Sekilas mungkin terdengar sama berfungsi untuk memampatkan udara yang masuk ke ruang bakar agar campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar lebih mudah terbakar saat terkena percikan bunga api dari busi yang dampaknya sangat besar terhadap kemampuan mesin itu sendiri, yaitu meningkatkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Turbocharger dan Supercharger merupakan fitur tambahan yang ada pada mobil. Pada mobil-mobil sport maupun mobil – mobil kelas atas fitur ini dapat ditemukan built-in langsung dari produsen penjualnya. Namun adakalanya banyak penggemar otomotif juga memodifikasi kendaraannya dengan menambahkan fitur turbocarger atau supercharger untuk mendapatkan performa mesin maksimal.

Turbocharger sendiri adalah sebuah mesin khusus yang memiliki bentuk seperti rumah keong, yang dipasang tepat berada pada ujung saluran exaust. Kemudian memanfaatkan tekanan dari gas buang tadi untuk memutar turbin yang ada pada exaust yang kemudian turbin inipun memutar kompressor wheel sehingga suplai oksigen yang masuk dari luar menuju kedalam ruang bakar menjadi lebih banyak. Selain itu mesin ini juga mampu memanfaatkan sisa uap bahan bakar yang belum terbakar sempurna dan mengembalikannya lagi kedalam ruang bakar untuk dilakukan pembakaran ulang.

Bahasa sederhananya adalah fungsi turbocharger adalah untuk mengkonversikan energi – energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran untuk dijadikan energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi udara masuk dari intake manifold. Adapun fungsi penggunaan turbocharger yaitu,

  1. Meningkatkan tenaga pada sebuah mesin diesel menjadi berlipat ganda.
  2. Menghemat bahan bakar karena sisa pembakaran akan dimampatkan dan dikembalikan ke ruang bakar.
  3. Lebih ramah lingkungan karena pasokan udara kedalam mesin melimpah membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.

 

Dengan adanya teknologi ini memungkinkan sebuah mesin yang berkapasitas atau ber-cc kecil menghasilkan tenaga yang sangat besar. Setiap teknologi memiliki kelebihan dan juga kekurangan pastinya, dan kekurangan pada teknologi ini adalah ketidak responsivan mesin atau turbo lag. Turbo lag adalah kondisi dimana ketika kita menginjak pedal gas, mesin tidak akan langsung memberikan tenaga atau dorongan, namun selang beberapa detik mesin akan menghasilkan tenaga dua kali lipat.

Selain itu mesin yang mengadopsi teknologi ini pada umumnya terdengar berisik seperti bunyi mendesing yang dikarenakan putaran turbin didalam mesin turbo. Selain itu perawatan turbocharger pun harus selalu diperhatikan agar tidak mudah rusak. Untuk meminimalisir kerusakan anda juga bisa memanfaatkan sebuah alat yang bernama turbo timer.

Supercharger adalah sumber tenaga memanfaatkan putaran mesin yang terhubung langsung dengan mesin malalui poros engkol, karena putarannya mengikuti putaran mesin maka efektifitasnya akan dapat merata mulai dari putaran rendah hingga tinggi yang artinya tidak terdapat gejala lag seperti yang ditemukan pada turbocharger. Tapi bagi buah simalakama, karena bergantung pada putaran mesin maka di lain sisi pemasangan Supercharger dapat menambah beban mesin.

Meskipun pemasangansupercharger menambah beban kerja mesin karena tenaga mesin terkuras untuk menggerakan supercharger tapi hasil keluaran nya pun cukup besar. Sehingga hasil akhirnya pun dapat menambah tenaga mesin saecara signifikan.
Secara umum keuntungan supercharger antara lain :

  1. Tidak ada gejala lag seperti pada tubocharger karena supercharger terhubung langsung dengan mesin sehingga putarannya menyesuaikan putaran mesin.

 

Sedangkan kekurangan dari superchareger antara lain :

Kurang efisien dalam menambah tenaga mesin, karena supercharger sendiri membutuhkan tenaga mesin sebagai sumber daya-nya. Meskipun tenaga mesin dapat bertambah dengan menggunakan supercharger namun karena beban mesin juga ikut bertambah sehingga berdampak pada konsumsi bahan bakar.

Jadi fungsi utama antaraturbocharger dan superchargeradalah sama, hanya yang membedakan adalah sumber penggerak mekanis nya. Secara umum penambahan turbocharger dan supercharger dapat meningkatkan tenaga mesin secara signifikan dibandingkan dengan mesin tanpa tambahan keduanya.



WordPress Video Lightbox Plugin