putaran mesin

Penyebab Putaran Mesin Mobil Tak Stabil Saat AC Dinyalakan

Putaran Mesin Mobil Tak Stabil Saat AC Aktif? Ini Penyebabnya

Pernah mengalami putaran mesin mobil naik-turun saat AC dinyalakan? Kondisi ini mengganggu ketika berkendara. Tentu hal itu ada penyebabnya. Tapi sebelum mendalami penyebab putaran mesin tak stabil saat AC diaktifkan, perlu diketahui cara kerja sistem pendingin ruangan di mobil.

Berdasarkan sistem kerja AC di mobil, komponen pendingin itu mengandalkan arus listrik yang dihasilkan mesin. Saat AC nyala, listrik yang dihasilkan oleh mesin diambil untuk memutar kompresor AC agar di kabin tercipta udara sejuk. Nah, otomatis putaran mesin menjadi turun karena terbebani AC. Hal itu bisa diantisipasi komponen bernama idle-up, sehingga putaran mesin bisa meningkat hingga normal.

Semisal putaran mesin pada idle menunjukan 900 rpm ketika AC mati, saat AC aktif maka idle-up menaikan putaran mesin menjadi 1.200 rpm. Jika idle-up tidak berfungsi putaran mesin turun dari 900 rpm.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Komponen lain yang bisa membuat naik turun putaran mesin adalah kotornya katup gas atau throttle body. Throttle body mengatur buka tutup katup udara yang masuk ke ruang bakar. Karena udara tidak bersih yang masuk dari filter udara, membuat throttle body menjadi kotor dan bekerja tidak maksimal.

Penyebab lainnya adalah sirkulasi freon pada kompresor AC yang tidak lancar. Prinsip kerjanya semakin panjang jalur sirkulasi freon, semakin besar juga beban yang diberikan. Jika tidak lancar, putaran mesin tidak stabil pun terjadi.

Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan mengukur tekanan yang dihasilkan kompresor AC menggunakan alat bernama manifold gauge. Kondisi normalnya pada tekanan rendah 15 – 30 psi, sedangkan pada tekanan tinggi antara 160 – 250 psi. Untuk pemeriksaan ini perlu dilakukan dengan membawa mobil ke di bengkel spesialis AC.



WordPress Video Lightbox Plugin