panel digital

Penyebab Panel Digital Motor Mendadak Mati

Ini Penyebab Panel Digital Motor Mendadak Mati

Pernah mengalami panel speedometer motor mendadak mati? Hal ini kerap terjadi pada motor sport dan motor matik yang kini mayoritas menggunakan panel speedometer digital. Jika panel speedometer analog sudah tidak asing lagi masalah ada pada seputar kabel penghubung ke roda yang mengalami putus. Lalu bagaimana dengan panel speedometer digital?

Untuk panel speedometer digital secara sistem kerja memang berbeda. Jika panel speedometer analog menggunakan kabel berisi kawat, sedangkan panel speedometer digital menggunakan sensor yang dihubungkan dengan kabel listrik ke roda belakang.

Lalu apa penyebabnya panel speedometer digital motor mendadak mati? Jadi panel speedometer digital yang mengalami mati disebabkan kabel listrik yang menghubungkan ke sensor putus. Bedanya dengan kabel speedometer analog yang memiliki dimensi besar, tidak dengan kabel sensor panel speedometer digital yang hanya memiliki dimensi kecil.

Ada kemungkinan kabel yang bertugas mengirim sinyal dari speed sensor di roda belakang bersinggungan dengan komponen lain. Bisa akibat dari saat proses servis yang tidak sengaja tertarik, terlepas atau terjepit sehingga membuatnya rusak atau terputus.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Tiba-Tiba Mati

Kemungkinan lainnya adalah akibat dari adanya entakan dari motor saat melewati jalan rusak. Hal ini sangat mungkin terjadi melihat kabel sensor sangatlah tipis.

Di lain sisi, panel speedometer digital juga bisa rusak tapi bukan akibat gangguan kabel atau entakan. Umumnya, kerusakan panel speedometer digital ini karena permukaannya terlalu panas, seperti sering parkir motor di area tanpa atap dan terkena terik matahari. Hal itu menyebabkan beberapa area dari panel terlihat memudar. Sehingga informasi pada panel digital itu tak terbaca lagi.

Selain dari itu, panel speedometer digital bisa saja disusupi air dan menyebabkan karat. Terutama di jalur-jalur yang ada pada  printed circuit box (PCB). Masalah ini bisa diselesaikan dengan membuka panel digital dan menghilangkan karat serta menyambung ulang jalur pada PCB yang terputus.



WordPress Video Lightbox Plugin