lampu motor

Penyebab Lampu Motor Tiba-Tiba Mati

Ini Penyebab Lampu Motor Tiba-Tiba Mati

Tak hanya berfungsi saat malam hari, mengaktifkan lampu depan motor saat siang hari juga ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain untuk menerangi jalan berkendara malam, menyalakan lampu depan motor siang hari agar motor bisa terlihat oleh kendaraan lain. Termasuk saat turun hujan.

Bila lampu depan motor tiba-tiba redup atau mati, tentu berkendara di malam hari jadi sulit. Makanya pengendara motor perlu mengetahui penyebab dan solusi ketika lampu redup atau mati. Masalah pada sistem kelistrikan menjadi penyebabnya. Gejala yang terjadi biasanya ada komponen kelistrikan yang aus sehingga listrik yang mengalir ke lampu tidak lagi stabil. Coba periksa beberapa komponen ini.

Salah satu penyebab lampu redup atau mati adalah relay. Langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan relay atau sekring yang satu jalur dengan lampu motor. Biasanya sekring atau relay ini kotor, berkarat atau putus.

Soket kabel lampu juga perlu dicek. Bisa jadi soket kabel lampu yang longgar, lepas atau ada kotoran pada ujung soket. Coba cek jalur kabel dan soket yang mengarah ke lampu. Terbuat dari plastik, bisa juga soket ini panas dan memuai sehingga tidak terhubung sempurna.

Masalah pada kabel lampu umumnya karena putus, meleleh, atau lapisan pelindung terkelupas. Periksa kabel yang menyambung ke lampu depan. Kesalahan pemasangan kabel sehabis motor dimodifikasi juga jadi penyebab.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Mika Lampu Mobil

Penyebab lainnya adalah kiprok (rectifier regulator) rusak. Arus listrik yang menuju ke lampu pun jadi berlebih yang menyebabkan bohlam lampu cepat panas dan putus. Berfungsi sebagai penyearah tegangan dari spull dan membatasi besar tegangan menuju aki dan sistem kelistrikan, mengatasinya dengan mengganti kiprok baru.

Saklar yang berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu, bisa dihinggapi kotoran atau karat dan menghambat arus listrik ke lampu. Mengatasinya dengan membersihkan dari kotoran dan karat menggunakan ampelas halus dan cairan anti karat.

Sebab lainya adalah plastik konektor di saklar lampu jauh/dekat meleleh karena panas berlebih. Hal ini memicu korslet dan sekring lampu putus. Agar lampu depan motor bertahan lebih lama, sebaiknya gunakan lampu sesuai tegangan dan arus yang tertera pada badan lampu standar. Jika tegangan lampu lebih tinggi dari yang seharusnya, bohlam motor lebih cepat padam dari seharusnya.



WordPress Video Lightbox Plugin