Cari Kami

Cara Mudah Membersihkan Mika Lampu Mobil

Cara Mudah Membersihkan Mika Lampu Mobil

Tanpa disadari, mika lampu mobil turut berperan dalam memberikan visibilitas di malam hari. Jika mika lampu sudah kusam, tentu menghalangi cahaya lampu. Makin bertambahnya usia mobil, mika lampu bisa makin kusam atau mulai menguning. Tapi Anda tak perlu terburu-buru memutuskan untuk langsung menggantinya.

Ada cara mudah untuk membersihkan mika lampu yang kusam dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa alat bantuan tambahan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali jenis dari kotoran maupun kerusakan pada lampu.

Jika ‘cacat’ pada mika lampu hanya sebatas jamur, Anda bisa memulai dengan membeli water spot remover yang dapat ditemukan di toko perkakas. Sebelum pengaplikasian, pastikan mencuci bersih mobil hingga tak ada debu yang tertinggal. Siapkan dua lap microfiber, lalu aplikasikan krim water spot remover pada lap tersebut.

Selanjutnya lap microfiber dioleskan dengan gerakan memutar menyerupai kerja mesin pemoles. Selain gerakan memutar, berikan sedikit penekanan agar lebih efektif. Setelah dirasa cukup, ambil lap microfiber kedua dan seka bagian yang sudah diaplikasikan tadi hingga bersih.

Lain halnya dengan kasus mika lampu yang menguning. Anda perlu obat khusus untuk memperbaiki lampu yang lebih dikenal dengan nama headlamp restorer. Produk ini juga dapat ditemukan di toko otomotif. Cara menggunakannya juga masih mirip dengan sebelumnya.

Pertama pastikan Anda mencuci bersih semua bagian mika lampu. Kemudian lanjutkan dengan mengoleskan cairan tersebut dan tunggu beberapa menit agar meresap sempurna. Gosok permukaannya menggunakan pads, spons, atau amplas halus sesuai dengan rekomendasi yang tertera di kemasan produk pembersih. Setelahnya, selesaikan proses dengan mengelap sisa cairan pembersih hingga bersih.

Untuk menangani kedua kasus mika lampu kusam ini juga tak perlu budget yang terlalu besar. Untuk harga produk water spot remover dipatok dengan harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150.000. Sementara produk headlamp restorer dibanderol dengan rentang Rp 50 ribu – 200 ribu. Perlu diingat agar prosesnya efektif dan tak meninggalkan bekas, pastikan Anda melakukannya di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Sayangnya untuk mika lampu mobil yang kusam akibat baret halus atau dalam, Anda memerlukan alat dan proses yang lebih rumit. Jika kondisinya sudah terlalu parah, ada baiknya Anda menyerahkan kepada profesional untuk mengerjakannya.



WordPress Video Lightbox Plugin