Penyebab Gigi Persneling Motor Keras

Cermati Penyebab Pindah Gigi Motor Terasa Keras

Masalah perpindahan gigi transmisi motor yang keras ini memang banyak dikeluhkan pengguna motor. Selain membuat berkendara tidak nyaman, juga membahayakan saat menyalip atau sedang menanjak. Begitu pula kerusakan komponen mesin yang lain jika tidak segera ditangani. Nah, perpindahan gigi transmisi motor yang keras ini tentu ada penyebabnya.

Seiring pemakaiannya, beberapa komponen di motor tentu mengalami masalah. Termasuk komponen persneling atau kopling yang menjadi penyebab kerasnya perpindahan gigi. Salah satunya pengaturan jarak renggang tuas persneling yang tidak pas.

Jika pengaturan tuas persneling terlalu renggang maka perpindahan gigi lebih sulit. Hal itu karena ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan.

Jika setelan kopling sudah penuh atau mentok, tapi pindah gigi masih keras, itu berarti komponen gigi persneling yang bermasalah. Seperti kerusakan pada arm pendorong kopling dan alurnya. Jika komponen ini rusak maka gigi persneling pun terasa sulit untuk berpindah meskipun jarak renggang kopling sudah diatur dengan benar.

Baca Juga : Cara Deteksi Gir Dan Rantai Aus

Penyebab lainnya adalah plat kopling yang sudah aus. Seperti plat kopling melengkung yang membuat kerenggangan antara kampas kopling menjadi tidak maksimal. Sehingga, gigi-gigi yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.  Begitu pula tidak berfungsinya clutch cover. Biasanya, saat komponen ini rusak muncul suara kasar ketika memindah gigi.

Beberapa langkah bisa ditempuh untuk mengatasi beberapa penyebab kerasnya memindah gigi transmisi motor. Seperti menggunakan oli mesin berkualitas. Sebab oli mesin juga memiliki fungsi menunjang kinerja transmisi motor. Pengecekan kondisi kampas kopling secara berkala juga perlu dilakukan. Sehingga terhindar dari perpindahan gigi yang keras.

Selain itu, lakukan pemeriksaan pada kabel kopling. Jika sudah mengendur maka perlu diatur kembali dan berikan pelumas agar gerakannya mulus. Memanaskan mesin sebelum digunakan pun juga dianjurkan. Dengan begitu, oli mesin pun sudah mencapai tiap sela gigi transmisi sehingga memudahkan untuk melakukan perpindahan gigi.

 



WordPress Video Lightbox Plugin