electric start

Penyebab Electric Start Motor Tak Bekerja

Ini Penyebab Electric Start Motor Tak Bekerja

Saat ini electric starter sudah menjadi fitur standar di banyak merek dan jenis motor. Electric starter ini disediakan pabrikan motor untuk mempermudah pengendara dalam menghidupkan mesin. Bahkan saat ini di beberapa motor bertransmisi otomatis tidak menyediakan kick start lagi dan hanya menyediakan electric starter.

Bayangkan jika electric start itu tidak berfungsi, tentu mesin tidak bisa dihidupkan. Oleh sebab itu komponen ini fungsinya sangat vital. Lalu apa saja penyebab tidak berfungsinya electric start?

Pada motor yang baru berumur 1 – 2 tahun, umumnya masalah yang paling sering muncul adalah aki yang sudah melemah. Cara mengindikasinya pun tidak sulit, yaitu dengan start masih berbunyi, tetapi tidak kuat untuk menghidupkan mesin.

Komponen lain yang berhubungan dengan tidak berfungsinya electric start ini adalah switch starter. Switch starter adalah komponen yang bertugas menghubungkan dan memutus arus listrik. Cara mengeceknya dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila electric start berfungsi, kemungkinannya switch starter dalam kondisi kotor atau rusak.

Selanjutnya yang harus diperiksa adalah bendik starter (relay). Komponen ini memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dynamo starter.

Baca Juga : Mengatasi Motor Mogok Saat Hujan

Kerusakan bendik ini umumnya disebabkan bagian kutubnya yang kotor dan menjadi penghalang bagi arus listrik dari aki. Cukup dengan dibersihkan masalah pun bisa selesai.

Terakhir adalah dynamo starter. Kerusakan dynamo starter tergolong cukup langka dan biasanya terjadi pada motor yang sudah berumur lawas. Umumnya disebabkan karena arang kumparan (brush) terputus atau gosong akibat korslet atau lainnya. Beruntungnya komponen ini pun bisa direparasi dengan mengganti komponen itu serta gulungan kawat di bengkel khusus servis dinamo.



WordPress Video Lightbox Plugin