motor mogok saat hujan

Mengatasi Motor Mogok Saat Hujan

Begini Cara Mengatasi Motor Mogok Saat Hujan

Musim hujan telah tiba, para pengendara motor perlu bersiap melewati banyak kondisi jalan yang tidak enak. Seperti jalan basah dan licin serta genangan air yang kemungkinan ada lubang jalan di bawahnya. Kondisi ini sulit sekali dihindari saat musim hujan.

Mengalami kondisi seperti itu, pengendara motor perlu siap menerima risiko mesin motor mendadak mati. Apa saja yang harus dilakukan di saat mengalami kondisi seperti ini? Beberapa hal ini dapat mengatasi motor mogok saat hujan dan banjir.

Parkir motor di area bebas air

Ketika mesin motor mati, posisikan motor di tempat yang aman adalah hal yang paling utama dilakukan saat mesin motor mati ketika hujan. Jangan sampai motor diparkir di tempat sembarang sehingga menyebabkan kemacetan bagi pengendara lain dan mengancam keselamatan.

Disarankan juga memarkir motor di tempat yang juga bebas dari hujan dan genangan air. Semua ini dilakukan agar pengecekan kondisi mesin dilakukan secara maksimal di saat mesin motor mati.

Cek busi

Busi menjadi kompenen pengecekan pertama yang dilakukan. Selain jadi komponen penghasil percikan listrik untuk menghidupkan mesin, busi juga posisinya ada di bawah seperti pada motor matik dan bebek. Sehingga sering terkena air saat motor melaju di saat hujan deras.

Busi sebagai sumber pengapian mesin haruslah dalam keadaan yang kering dan jika busi ternyata basah hal ini bisa menjadi penyebab motor mogok. Hal yang harus dilakukan adalah membuka busi tersebut dan keringkan. Jangan lupa juga pastikan kepala busi tetap kering dan tidak ada kebocoran.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Busi Motor Sendiri

Cek saringan udara mesin

Mengapa saringan udara terkena air bisa menyebabkan mesin motor mati? Air yang ada di saringan udara, selain dapat menghambat aliran udara, juga bisa terisap dan tercampur dengan bahan bakar yang ada di karburator dan injektor. Pada akhirnya bahan bakar sulit terbakar di ruang bakar.

Cara mengeringkannya cukup dengan memberikan semprotan angin agar filter udara cepat kering. Jika sudah kering, coba hidupkan mesin tanpa menggunakan filter udara. Jika mesin sudah menyala, pasang kembali filter udara.



WordPress Video Lightbox Plugin