Penyebab Deposit pada Ruang Bakar dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab Deposit pada Ruang Bakar dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab Deposit pada Ruang Bakar dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Seiring berjalannya pemakaian, kondisi ruang bakar mesin kendaraan kita pasti akan berkerak. Tetapi, jika munculnya kerak yang terlalu cepat dan terlalu tebal, bisa mengindikasikan ada sesuatu yang salah pada kendaraan kita. Lalu apa saja penyebab deposit kerak pada ruang bakar? Bagaimana pula cara pencegahannya? Mari kita simak bersama.

Secara umum, ada tiga penyebab deposit pada ruang bakar.

Pertama adalah faktor mekanisme mesin, kedua ada faktor bahan bakar, dan terakhir faktor pelumas. Dari faktor pertama, banyak hal dari sistem mesin yang bisa jadi penyebab terjadinya deposit ruang bakar. Misalnya dari kondisi ring piston yang sudah longgar. Oli dari crankcase yang harusnya diseka ring piston, jadi ikut terbawa ke ruang bakar dan ikut terbakar di sana. Bocornya seal klep juga bisa menyebabkan oli di kepala silinder jadi turun ke ruang bakar dan ikut terbakar pula. Oli mesin yang terbakar, tentu akan menimbulkan kerak di ruang bakar. Kerak tersebut biasanya akan berwarna hitam kebiruan.

Kondisi filter udara dan filter bahan bakar yang buruk juga bisa menyebabkan kerak di ruang bakar. Filter udara yang sudah kotor, bisa membuat campuran bahan bakar jadi lebih kaya dan bisa tidak terbakar sempurna sehingga menimbulkan kerak. Filter bahan bakar yang buruk pun bisa menyebabkan kontaminan pada bahan bakar, ikut menumpuk di area ruang bakar.

Faktor kedua adalah faktor bahan bakar. Penggunaan oktan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, bisa membuat pembakaran tidak sempurna, yang berujung pada deposit di ruang bakar. Kandungan Ash pada bahan bakar yang terlalu tinggi juga bisa membuat deposit pada ruang bakar.

Baca Juga : Penyebab Munculnya dan Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Mobil

Deposit pada ruang bakar juga bisa disebabkan oleh buruknya kualitas oli. Kandungan Ash dan total base number (TBN) yang terlalu tinggi pada oli, turut menyumbang deposit pada ruang bakar. Khusus untuk mesin 2-tak, spesifikasi JASO yang terlalu rendah juga bisa membuat timbunan deposit pada ruang bakar. Selain itu, setingan pompa oli samping yang terlalu deras, juga bisa menyebabkan mesin 2-tak jadi cepat sekali berkerak.

Setelah tahu faktor penyebabnya, lalu bagaimana cara untuk mencegah timbulnya deposit pada ruang bakar?

 

Tentu kita harus perhatikan kondisi mesin kendaraan kita, jika mulai ada asap putih pada knalpot mesin 4-tak, kemungkinan sudah terjadi kebocoran oli di ruang bakar yang disebabkan oleh ring piston atau seal klep yang sudah aus.  Kemudian, pastikan gunakan bahan bakar berkualitas dengan nilai oktan sesuai rekomendasi pabrikan. Gunakan juga oli mesin terbaik untuk mesin kendaraanmu.

Deltalube memiliki ragam oli mesin terbaik, yang sesuai untuk kendaraanmu. Deltalube menggunakan base oil parafin terbaik dan dikombinasikan dengan paket aditif yang lengkap, sehingga mampu mencegah timbunan deposit pada mesin kendaraan.



WordPress Video Lightbox Plugin