pengapian motor

Penyebab Dan Solusi Sisitem Pengapian Motor Mati

Kenali Penyebab Sistem Pengapian Motor Mati

Secara sistem kerja mesin motor, untuk menciptakan sebuah pembakaran perlu 3 hal, yaitu bahan bakar, pengapian dan udara. Jika salah satunya tidak ada, proses pembakaran di dalam mesin pun tidak akan terjadi. Terlebih jika sistem pengapian motor yang menjadi pemicu ledakan dalam ruang bakar tidak tersedia. Mesin motor tiba-tiba mati dan tak bisa distart.

Sistem pengapian motor tidak hanya diciptakan oleh satu komponen. Sistem pengapian motor mencakup busi, koil, CDI, sepul, aki dan kabel. Oleh sebab itu jika sistem pengapian motor didapati tidak berfungsi atau mati, langkah awal yang mesti diperiksa adalah busi.  Caranya dengan menempelkan busi ke blok mesin dan gunakan elektrik starter atau kick starter. Jika busi memercikan api warna biru berarti busi sehat.

Untuk sistem pembakaran injeksi perlu perlakukan khusus untuk melakukan pengetesan ini. Lubang busi di mesin perlu ditutup dengan kain saat menekan tombol start, karena jika tidak bahan bakar tersembur dan berpotensi kebakaran.

Lalu jika saat busi tidak menghasilkan percikan api? Komponen lain yang harus dicek adalah koil. Tugas koil meningkatkan arus listrik dari sepul atau aki dari 12 volt, menjadi ribuan volt dan disalurkan ke busi. Pastikan kabel positif dan negatif yang terhubung kepada koil terpasang dengan baik.

Baca Juga : Ini Fungsi Tiap Komponen Busi

Komponen lain yang harus diperiksa adalah CDI. Komponen elektronik ini jarang sekali rusak. Jika rusak lantaran sudah berumur. Ketika terjadi kerusakan, tidak ada kata lain selain menggantinya. Pastikan menggunkan CDI orisinal, karena memiliki umur pakai lebih lama.

Komponen terakhir yang perlu dicek jika pengapian mati adalah spul. Komponen yang merupakan rangkain gulungan kawat tembaga yang menghasilkan listirk ini jarang sekali rusak. Untuk kerusakan diindikasikan dengan warna gosong pada lilitan tembaga karena pernah terbakar. Biasanya, kerusakan spul akibat terjadinya korslet karena soket sudah rusak, panas berlebih, atau karena pernah terendam air.



WordPress Video Lightbox Plugin