Ini Fungsi Tiap Komponen Busi

Ini Fungsi Tiap Komponen Busi

Busi memiliki peran penting untuk mesin bensin. Sebagai salah satu komponen dalam sistem pengapian, tugasnya untuk memantik campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar sehingga bisa terbakar. Tugas lain dari busi adalah memindahkan panas dari ruang bakar mesin.

Kualitas dari pemantik ini memengaruhi beberapa faktor penting baik untuk operasi mesin maupun lingkungan. Seperti operasi mesin yang halus, performa mesin dan efisiensi bahan bakar serta gas polutan sebagai emisi.

Jika kita membayangkan busi ini harus memercik antara 500 sampai 3.500 kali per menit, jelas terlihat bagaimana besarnya kontribusi yang diberikan busi agar mesin dapat memenuhi standar emisi dan mereduksi konsumsi bahan bakar.

Busi memilki 2 elektroda, yakni elektroda tengah dan negatif. Setelah koil memberi arus listrik tegangan tinggi, arus tersebut mengalir menuju distributor dan menuju busi melalui kabel tegangan tinggi. Arus listrik inilah yang memercik dari elektroda tengah ke elektroda negatif (massa), sehingga menimbulkan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Selain elektroda, busi juga memiliki komponen lain yang masing-masing memiliki fungsi.

 

Terminal

Komponen yang terbuat dari baja ini terhubung dengan kabel tegangan tinggi yang mengalirkan arus listrik dari koil. Komponen ini menggunakan nut agar mayoritas kabel tegangan tinggi.

Insulator

Sebagian besar busi yang beredar di pasar ini menggunakan material keramik untuk komponen ini. Fungsinya untuk mengisolasi batang terminal dan elektroda tengah dari cangkang busi. Sehingga arus listrik tegangan tinggi tidak keluar dari ruang elektroda tengah. Fungsi lainnya memindahkan panas ke kepala silinder.

Ribs/Corrugations

Bentuknya bergelombang, fungsinya untuk mencegah arus listrik merambat keluar ke komponen mesin yang dapat bertindak sebagai massa (negatif).

Ring

Fungsinya untuk merapatkan insulator dan cangkang serta menjaga kerapatannya.

Cangkang/Bodi

Komponen ini berfungsi untuk menopang insulator dan agar busi bisa dipasang di kepala silinder berkat adanya ulir. Bagian ini juga berfungsi sebagai penghantar panas.

Gasket

Penutup untuk mencegah kompresi di ruang bakar tidak mengalir keluar.

Inti elektroda

Fungsinya sebagai core atau inti dari penyaluran energi listrik dan terhubung ke terminal. Beberapa material digunakan sebagai elektroda. Tapi yang paling umum digunakan adalah tembaga.

Elektroda ground

Komponen busi ini berada di bagian ujung busi yang terhubung langsung dengan ground kendaraan. Dengan adanya komponen ini, maka arus listrik bisa berpindah dari inti elektroda. Ia pun harus memiliki daya hantar panas yang baik dan tahan terhadap temperatur tinggi.



WordPress Video Lightbox Plugin